Mohon Maaf, Kemitraan Lele Suramadu sementara ini per 21-02-2013 "Bersifat Tertutup" (Terbatas Mitra-Mitra Lama Terpilih).

Jumat, 24 Juni 2011

Waktu Penggantian Air Kolam Lele

Penggantian air kolam lele atau penyiponan dilakukan pada kolam terpal atau kolam semen (kolam beton). Sedangkan kolam tanah tidak diperlukan karena kotoran lele dapat diuraikan oleh tanah di dasar kolam dan perlakuan pembalikan pasca panen. Sedangkan pada kolam terpal atau kolam semen, kotoran lele tidak akan terserap dan akan terus menumpuk. Lama kelamaan air kolam akan mulai bercampur warna keruh. Bisa terlihat tanda-tandanya, jika sebelumnya berwarna hijau bening, seiring waktu bertambah besarnya lele, warna hijau bening tersebut akan berubah bertahap menjadi hijau keruh. Jika terus dibiarkan, air akan berubah lagi menjadi kecoklatan dan bahkan bisa berbau. Kalau sudah pada kondisi demikian, ikan lele akan berada terus dipermukaan sambil menghirup udara bebas. Mengapa demikian, karena pada saat itu, air kolam sudah dapat membunuh lele itu sendiri. Air kolam berubah menjadi racun karena endapan kotoran lele didasar menjadi senyawa amoniak. Oleh karenanya, penggantian air ini hendaknya dilakukan secara berkala. Jangan terlambat dilakukan saat kondisi sudah ektrem dan ikan pada menggantung. Namun lebih baik terlambat jika tidak sama sekali terutama bagi pembudidaya lele pemula. Penggantian air hendaknya dilakukan hanya setengah atau sepertiga dari jumlah air kolam. Caranya dengan mengganti air setengahnya dan kemudian diisi kembali dengan air baru. Adapun Teknik penganggantian, akan dijelaskan pada post berikut.

2 komentar:

  1. UD. NABILLA LELE

    Kami petani lele dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual induk dan bibit lele sangkuriang berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
    Bibit lele yang kami hasilkan adalah bibit lele berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang bAaik dan benar bibit lele hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan lele kami :
    Jenis : Sangkuriang.
    Sistem : Intensif.
    Pemijahan : Alami.
    Sumber air : Air tanah / sumur.
    Kolam : Terpal.
    Pakan : Cacing sutra.
    Pengangkutan : Dikemas dalam kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 19 jam.
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / Ekor / BOX :
    2-2cm : 15.000.
    2-3cm : 8.000.
    3-4cm : 6.000.
    3-5cm : 5.000.
    4-6cm : 4.000
    Induk : 15.
    Untuk informasi harga silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545 atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman (10 meter selatan Honda AHASS)

    BalasHapus
  2. Terimakasih infonya. Semoga laris lapak-nya. Yang luar jawa, silakan kontak Pak Andy. Kami sendiri masih kewalahan melayani permintaan pembeli regional.

    BalasHapus