Mohon Maaf, Kemitraan Lele Suramadu sementara ini per 21-02-2013 "Bersifat Tertutup" (Terbatas Mitra-Mitra Lama Terpilih).

Kamis, 23 Juni 2011

Suhu Air Kolam Untuk Pertumbuhan Lele

Jika kita mempunyai termometer seperti para peternak atau pemelihara ikan koi, pembudidaya udang tambak, kita akan semakin mudah memantau kondisi suhu air kolam. Untuk mendukung pertumbuhan lele yang optimal, suhu yang diperlukan berkisar antara 28-30 derajat celcius. Suhu demikian biasanya dengan mudah didapat pada daerah dataran rendah. Sedangkan fluktuasi suhu atau perubahan suhu ekstrem, terutama perubahan siang yang panas dan malam yan dingin, bisa diatasi kalau kolam lele berada dalam ruangan (indoor). Dengan demikian suhu bisa terjaga. Namun, karena membangun ruangan tersebut mahal dan tidak ekonomis lagi, maka untuk kolam terpal bisa diatasi dengan pemberian sekam dibawah dasar kolam. Pada kolam semen atau kolam beton dan kolam terpal, atap juga bisa dibuat peneduh. Jikalau tidak ada peneduh, pastikan bahwa fitoplankton tumbuh subur di air kolam. Apalagi saat musim kemarau dan air kolam menyusut.

2 komentar:

  1. Saya memfokuskan usaha pada pembenihan bibit lele sangkuriang. Bagi yang membutuhkan bibit lele sangkuriang. Untuk wilayah Solo dan sekitarnya saya antar gratis. Bibit berkualitas karena dari indukan bersertifikat dari BBAT. Kami siap membantu Anda sukses dalam berternak lele. Konsultasi gratis. Saya tidak menjual bibit saja. Bibit yg saya kirim. Bila sudah panen akan saya beli bila Anda kesulitan menjual. Hub 085642057643 alamat Ngablak Rt/Rw 03/06, Karangmojo, Tasikmadu, Karanganyar, Solo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Megan, banyak yang tanya kemitraan bibit lele sangkuriang asli di daerah solo dan karanganyar.

      Hapus