Mohon Maaf, Kemitraan Lele Suramadu sementara ini per 21-02-2013 "Bersifat Tertutup" (Terbatas Mitra-Mitra Lama Terpilih).

Rabu, 16 November 2011

Pembuangan Air Kolam Central Drain

Berikut adalah gambar sistem pembuangan air kolam yang sedikit banyak bisa membantu mengatasi masalah air hujan yang sifatnya asam yang berada di atas permukaan air kolam dan endapan kotoran di dasar kolam yang airnya banyak mengandung amoniak akibat dari kotoran ikan, pakan tersisa yang tidak termakan, ataupun zat-zat organik lainnya yang bisa berpotensi menjadi racun berbahaya. Central drain merupakan saluran yang memanfaatkan grafitasi untuk mengumpulkan segala endapan organik sisa pakan dan feses ikan dan kemudian dihisap keluar ketika saluran pembuangan dibuka. Oleh karenanya, ada keterbatasan panjang kolam yang maksimal hanya ukuran 4 meter X 4 meter. Pembuangan limbah dilakukan dengan cara menurunkan air kolam 10 cm atau 20 cm. Dan jangan lupa pada lubang di dasar kolam tersebut dilengkapi dengan kasa / saringan agar ikan tidak terhisap. Sistem ini saya dapatkan dari PT.Indosco Boster yang sedang mengerjakan proyek budidaya lele padat tebar (1000 ekor per meter persegi). Semoga bisa bermanfaat dan memudahkan pembudidaya dalam menguras (kuras) kolam.

55 komentar:

  1. bos klo utk kolam terpal gmn?

    BalasHapus
  2. y bos klo kolam terpalkan g bs di lubangi, lalu utk mengatur batas max ketinggian air carax gmn?

    BalasHapus
  3. Kolam terpal, tetap bisa dilubangi. Namun perlu klem yang terbuat dari karet ban sehingga antara terpal dan pipa rapat dan tidak bisa ditembus air.

    BalasHapus
  4. Tulisan di Pic terlalu kecil Bos :)

    BalasHapus
  5. Tulisan yang bagian mana ya ? Oke, kami ketik ulang ya. INLET, Batas Permukaan Air, Tinggi / Ketinggian Air 100 cm, 10 Cm, 20 Cm, Area Central Drain, Saringan/Net, Keterangan

    UNTUK SIRKULASI AIR DI DASAR KOLAM
    (Pada Pipa Warna Merah)
    Sirkulasi 10 Cm > angkat ujung pipa yg kuning
    Sirkulasi 20 Cm > angkat ujung pipa yg Kuning & Hijau
    Untuk Pengeringan, Penghabisan, Panen, angkat Pangkal Pipa di Siku (L).

    UNTUK SIRKULASI AIR DI PERMUKAAN KOLAM / AIR ATAS
    (Pada Pipa Warna Orange)
    Sirkulasi 10 Cm > angkat ujung pipa yg kuning
    Sirkulasi 20 Cm > angkat ujung pipa yang kuning & hijau

    BalasHapus
  6. bos mo tny nich! knp pakan lele yg sdh d makan lele d keluarkn lg? trim’ utk pencerahanx

    BalasHapus
  7. gimana caranya bergabung ke aplesi?

    BalasHapus
  8. @ Mas Ferry. Ini Mas Ferry Aspol ya? :) Pelet yang sudah dimakan kadangkala kemudian dimuntahkan lagi. Biasanya ada 2 sebab. Pertama, saat ada stok pelet yang belum terserap tubuh dan masih disimpan di lambung, kemudian kita kasih pakan daging segar yang sangat menarik minat lele, otomatis lele akan memuntahkan stok dilambungnya dan kemudian memakan daging tersebut sampai saat kenyang, jika masih ada daging yang tersisa yang bisa dimakan, pakan daging itupun juga akan disimpan di lambung. Penyebab yang kedua, lele dalam kondisi lambung masih ada cadangan pakan / pellet, kemudian lele itu dibuat shock (bisa karena kolam dikuras, diobok-obok, dipanen atau sebab lainnya)maka isi lambung lele itu akan dimuntahkan keluar. Maka dari itu, sebelum panen biasanya lele dipuasakan dahulu selama 24 jam agar tidak ada muntahan lele yang bisa berpotensi jadi polusi pembunuh saat lele dibawa ke tempat lain.

    BalasHapus
  9. @ Mas Anissurohman, untuk bergabung di Asosiasi Peternak Lele Indonesia - APLESI, silakan isi biodata di http://www.lelesurabayamadura.blogspot.com/2011/08/asosiasi-peternak-lele-seluruh.html

    BalasHapus
  10. bos sorry mo tny lg!
    klo misalkn ikan lele mo d tinggal 1-2 hari, cara ngasih mknx gmn? trim's

    BalasHapus
  11. Lele ditinggal 3 hari tanpa dikasih makan, masih akan tetap hidup. Masalahnya, daging lele (untuk lele yang telat dikasih makan 1 haripun) akan mengeras, dan akan lambat besar. Kalau ikan hias yang akan saya tinggal beberapa hari, biasanya akan diberi cacing rambut / cacing sutra, karena kalaupun bersisa (dan kondisi oksigen mencukupi) masih aman dan cacing masih hidup. Namun kalo ikan budidaya, mending dititipkan sama tetangga dengan memberi arahan takaran. Saya sendiri sudah lama mikir adakah alat timer pakan seperti yang ada pada peternakan ayam.

    BalasHapus
  12. SOC (Suplemen Organik Cair) mutlak diperlukan untuk setiap langkah-langkah aplikasi agar hasil bisa maksimal.
    SOC sendiri adalah Nutrisi Bio Organic yang dikembangkan oleh PT HCS untuk mendukung terwujudnya PROGRAM PETERNAK MILYARDER.
    Sedangkan manfaat SOC untuk hewan ternak adalah :
    Menyehatkan ternak.
    Mengurangi biaya produksi dan pemeliharaan
    Mengurangi stress dan menambah daya tahan terhadap penyakit
    Meningkatkan Antibodi pada ternak/ikan
    Menyeimbangkan microorganisme di dalam rumen hewan dan meningkatkan nafsu makan
    Mempercepat pertumbuhan ternak/ikan
    Meningkatkan kesuburan dan meningkatkan produksi daging
    Mengurangi angka kematian.
    Mempertinggi kwalitas pada telur ternak/ikan.
    Selengkapnya kunjungi HCS CLUB SUKSES

    BalasHapus
  13. bos klo ad ikan yg mati bangkaix akn mengapung? or d mkn oleh teman2x sendiri? cz katax orang2 klo ternak ikan pst akn ad ikan yg mati, tp selama ini g ad bangkaix sama sekali.

    BalasHapus
  14. @ Mas Ferry, untuk kolam semen atau terpal, kita bisa mengetahui lebih pasti jumlah ikan yang mati jika kita menguras kolam kita setiap hari. Didasar akan ditemukan bangkai dan tulang ikan (jika memang ada yang mati). Namun jika kita menguras sebulan sekali, ikan yang sudah mati lama, sudah banyak yang lebur dan kerangka tulangnya sudah tidak ada. Kalaupun ada mungkin tinggal serpihan2 kecil. Jadinya kita akan sulit menentukan jumlah lele yang mati. Jika sudah demikian, tekniknya sih, kita hitung jumlah yang hidup.
    Untuk lele mati yang mengapung, sebenarnya lele itu sudah mati 1 atau 2 hari sebelumnya dan ada didasar kolam. Baru kemudian mengapung ke permukaan air, jika tidak sempat dimakan / kanibal oleh teman-temannya.

    BalasHapus
  15. Saya memfokuskan usaha pada
    pembenihan bibit lele
    sangkuriang.
    Bagi yang membutuhkan bibit
    lele
    sangkuriang. Untuk wilayah Solo
    dan
    sekitarnya saya antar gratis.
    Bibit
    berkualitas karena dari indukan
    bersertifikat dari BBAT. Kami
    siap
    membantu Anda sukses dalam
    berternak lele. Konsultasi gratis.
    Saya tidak menjual bibit saja.
    Bibit
    yg saya kirim. Bila sudah panen
    akan
    saya beli bila Anda kesulitan
    menjual. Bila Anda butuh lele
    konsumsi saya juga siap. Semua
    harga bisa dinego. Pelanggan
    adlah raja. Saya ingin Anda
    untung besar, kapanpun Anda
    sms pasti secepatnya kami
    balas, pelayanan kami adalh yg
    utama. Anda sukses saya jg ikut
    sukses itu prinsip saya. Hub
    085642057643
    alamat Ngablak Rt/Rw 03/06,
    Karangmojo, Tasikmadu,
    Karanganyar, Solo
    meganmahmud@gmail.com

    BalasHapus
  16. Sukses buat Bapak Megan Mahmud. Kita menunggu postingan di blog bibitsangkuriang-nya Pak Megan.

    BalasHapus
  17. Selain membuang air bisa juga Pakai TON, PUPUK ORGANIK UNTUK Perikanan,info Ton hub 085 230 82 9191

    BalasHapus
  18. cara membuat sirkulasi air kolam lele, biar gak berbau ada gak ya, tekniknya? aq mengalami maslah sirkulasi air. Kl air yang dibuang bnyk menandung protein, dn bs dihumuskan ke kolam pembuangan, kenapa gk diolah?itu yg ada dlm pikiranku? tolong bagi2 ilmu ya. thx. bls ini: msandi808@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang mengatakan, kandungan protein yang tinggi pada feses justru adalah pencemaran. Dan pihak yang mengatakan demikian menghendaki adanya pengurangan kadar protein pada pakan hewan ternak.
      Bagi saya pribadi, bukan karena proteinnya, namun karena pemakaian obat pembasmi penyakitlah yang justru menjadi penyebab polusi. Obat ini menjadikan bakteri pengurai kotoran / feses lele ternak yang ada di perairan kolam menjadi mati. Karena penguraian tidak berjalan sempurna, menjadikan air kolam menjadi berbau. Selain itu bisa juga disebabkan kandungan oksigen yang minim, utamanya apabila kepadatan yang ditebar sangat tinggi. Jadinya bakteri pengurai tidak bisa hidup, kalah bersaing dengan lele. Jadi kunci agar air kolam bisa dijadikan humus adalah adanya upaya mengkondisikan kolam agar hewan pengurai juga bisa hidup dan tumbuh didalam kolam. Tidak hanya lele-nya saja yang diperhatikan.

      Hapus
  19. Sarana drainase dan pembuangan memang factorpenentu yang sangat signifikan dalam perkembangan lele,saya pernah punya kolamlele yang nggak bisa besar sampai dengan umur 5-6 bulan,ternyata itu karena kadar asam yang tinggi dalam air,katanya seorang ahli yang saya mintai keterangan lho..ketika ditest dengan PH meter memang derajat keasamannya sangat tinggi,hal inikarena memang kolam saya nggak punya saluran drainase kolam yang baik,makanya jarang-jarang dikuras,,he,,he,,sedikit share,,Sudahkah anda chek kadar asam air Kolam anda..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. PH air yang tidak normal atau pemberian pakan yang salah adalah cikal bakal lele jadi drop stamina. Ketika kondisi kesehatan lele rentan inilah, akhirnya mudah bagi biang penyakit masuk dan menyerang lele dari dalam atau luar. Disini pada umumnya yang kita tahu adalah lele kita sedang sakit dan diberikanlah obat. Padahal sumber pertama penyebabnya adalah kondisi air dan salah pakan. Jadi obat bukan pemecahan pada sumber permasalahan. Menggunakan kertas lakmus atau pengukur keasaman digital untuk mengetahui kadar PH air adalah sangat dianjurkan seperti yang biasa dilakukan pada petani udang skala besar.

      Hapus
    2. Jika lele yang ditebar cukup padat di kolam terpal atau semen, tentunya membutuhkan pengurasan agar lele selalu tinggal di air segar.

      Hapus
  20. Bergabung dengan para ahli ternak Lele, Kami undang anda di Blog kecil kami untuk melakukan penawaran usaha anda ,akan segera diapprove,dan blog kami bercerita tentang pertanian dan peternakan...Terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mas Among Tani atas undangannya :)

      Hapus
  21. Wah..informasi tentang beternak Lelenya bagus-bagus Gan...,Nich mau nyoba beternak Lele juga,makanya searching diGoogle Hemm,,daptnya info yang pass dengan hati dan perasaan saya,thanks atas pengetahuan perkolamannya..Segera dipraktekkan dirumah Gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Praktek alias action adalah pembelajaran yang paling penting...:)

      Hapus
  22. desain central drain sudah lama dipakai di banyak negara maju, cuma kalo kolam terpal kayaknya sulit karena batas dengan tanah tipis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan memanfaatkan gaya gravitasi bumi, kita bisa jauh berhemat untuk melakukan penggantian air kolam, jika dibandingkan dengan menggunakan mesin diesel dan pompa air listrik. Sayangnya, yang banyak memanfaatkan gaya gravitasi ini adalah peternak lele yang tinggal di dataran berlereng. Untuk dataran yang datar, kita bisa melakukan pengurukan tanah terlebih dahulu, sebelum dipasang kolam agar posisi kolam bisa lebih tinggi dari tanah sekitar.

      Hapus
  23. desain central drain sudah lama dipakai di banyak negara maju, cuma kalo kolam terpal kayaknya sulit karena batas dengan tanah tipis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya ilmu bisa didapat dimana saja dan kapan saja, termasuk dari luar negeri. Namun kadangkala meski kita tahu itu akan bermanfaat, kita mungkin malas mengaplikasikannya atau kita sudah nyaman dengan cara yang lama.

      Hapus
  24. hallo lele surabaya madura nama saya arie yogianto sekarang harga bibit berapa 5/6 saya tunggu jawaban trim's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita tidak punya stok bibit lele ukuran 5/6, Pak Arie

      Hapus
  25. assalamualaikum
    mau tanya untuk dasar kolam agar ikan tidak terhisap menggunakan saringan dari besi atau gimana ? trus ukuran saringannya ukuran berapa ?
    tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua tergantung ukuran ikan yang ada di kolam itu, Mas.

      Hapus
  26. Saya kurang jelas untuk sirkulasi air atas/ permukaan, pipa orangenya di salurkan kemana ?

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pipa oranye langsung dikeluarkan keluar kolam. Jika permukaan air meninggi, misalnya karena adanya curah hujan, otomatis peningkatan ketinggian air yang tidak diharapkan ini akan masuk ke pipa oranye. Tidak dikehendaki karena biasanya air hujan yang ada di permukaan air ini sifatnya asam dan banyak polutan. Tidak dikehendaki bisa juga supaya air kolam tidak amber (meluap).

      Hapus
  27. cara pemesanan pakan primafeed gimna ? apa kena biaya ongkir ke jakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menghindari ongkos kirim, sebaiknya membeli langsung di toko pakan terdekat.

      Hapus
  28. Ph meter tu klu bli dmna...kiraa2 harganya brapa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba datangi ke toko laboratorium terdekat

      Hapus
  29. Ph meter tu klu bli dmna...kiraa2 harganya brapa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ditanyakan ke toko lab atau peralatan alkes/medis.

      Hapus
  30. apa kolam central drain harus berbentuk persegi ukuran 4x4 gan ? kalau persegi panjang ukuran 4x3 bisa g gan ? dan dasarnya dibuat miring kanan kiri atau semua bagian dibuat miring ke central drain gan ? maaf banyak tanya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja menjadi tidak optimal dalam menciptakan arus yang bertujuan mengeluarkan kotoran /endapan didasar kolam. Yang optimal sebenarnya kolam dengan bentuk lingkaran/bundar

      Hapus
  31. Agan, Mohon Pencerahan nih. Saya sangat tertarik utk budidaya ikan lele, kiat2 utk mulai budidaya ikan lele apa aja? terima kasih (Sofan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mulai dari kecil dulu Mas, sambil mencari pembeli hasil panennya.

      Hapus
    2. utk harga bibit lele mohon d emailkan gan d email : agussofanhadi@gmail.com makasih

      Hapus
    3. Open saja, harga 450. Masih tetap seperti dulu.

      Hapus
  32. Mau tanya gan, kalo ukuran kolam 4x4 kira2 ideal ukuran center drain brp x brp ya. Apakah semakin besar center drain semakin bagus pembuangan kotorannya. Thanks infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup satu pipa pembuangan yang diletakkan di tengah kolam. Semakin besar pipa semakin bagus. Namun lebih bagus lagi jika kolam dibuat bundar dengan diameter 4 dan kemiringan dasar kolam juga besar.

      Hapus
  33. mau tanya gan. sumber air utama yang agan gunakan apa, apa air PAM, air sungai atau air sumur. saya mau coba, tapi ada masal dengan air. kelihatannya air yg digunakan banyak sekali. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada metode yang tidak membutuhkan pergantian air yang banyak. Namun kepadatan ikan lele didalamnya menjadi terbatas.

      Hapus
  34. mas mau nanya
    tau cara pengelolaan kolam tanah gambut/ rawa ?
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, kami belum punya skill yang mumpuni untuk budidaya / ternak ikan di tanah jenis gambut / rawa, seperti di Kalimantan. Smoga ada pembaca disini yang bisa memberi masukan berarti.

      Hapus