Mohon Maaf, Kemitraan Lele Suramadu sementara ini per 21-02-2013 "Bersifat Tertutup" (Terbatas Mitra-Mitra Lama Terpilih).

Kamis, 16 Juni 2011

Garam Untuk Obat Penyakit Lele

Garam dapur atau garam kasar atau bentuk garam lainnya sudah banyak digunakan peternak lele untuk mengatasi penyakit baik yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Mengenai keefektifannya, boleh dikata relatif, namun jika melihat begitu banyak pembudidaya yang memakai garam, berarti kemujaraban garam ini sangat memuaskan. Kalau saya pribadi, garam ini bukan hanya bisa diandalkan sebagai obat, tetapi juga mampu membuat benteng pertahanan dan pencegahan ketika penyakit itu belum datang. Garam itu sendiri juga mampu untuk melengkapi pemakaian obat-obatan yang dijual dipasaran untuk digunakan bersama menumpas keberingasan bakteri pathogen yang merugikan. Mengenai takarannya, tidak ada yang sama antara peternak yang satu dengan peternak lele yang lain. Namun jika melihat kemasan garam ikan yang dijual di pasaran, disitu tercantum kadar pemakaian 0,5% dari volume air.

2 komentar:

  1. salam
    saya tebar bibit ukuran 9..setelah 1bulan tiba2 terserang penyakit..setelah browsing internet begitu banyak yg memakai garam sebagai obat penyakit lele..tetapi dr semua tulisan yg saya baca tidak ada yg memberikan gambaran pasti berapa PERBANDINGAN/TAKARAN garam dengan air kolam...
    mohon bantuannya, sebab sudah 2x saya coba, malah memakan bnyak korban..
    terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ Mas Hary, Kadar garam air di setiap daerah tidak sama. Otomatis untuk jumlah takaran garam untuk pengobatan ikan akan berbeda di setiap daerah. Oleh karena itu, patokan saya sendiri adalah bagaimana mengkondisikan air kolam tersebut agar kadar garam yang terkandung didalamnya menjadi sama dengan kadar garam air tawar daerah perikanan lamongan. Jadi rasakan dengan lidah, tingkat keasinan air tanah lamongan.
      Sementara disisi lain, ada cara gampang lainnya, yaitu mengikuti petunjuk takaran pada kemasan garam ikan yang banyak dijual di penjual ikan hias.

      Hapus