Mohon Maaf, Kemitraan Lele Suramadu sementara ini per 21-02-2013 "Bersifat Tertutup" (Terbatas Mitra-Mitra Lama Terpilih).

Selasa, 28 Juni 2011

Pakan Alternatif Ikan Lele

Para pakar bersepakat bahwa lele adalah ikan karnivora. Karenanya pakan yang diberikan lebih baik berupa daging dengan kadar protein diatas 35%. Namun dengan alasan kepraktisan operasional, maka pakan pelet buatan pabrik menjadi pilihan peternak. Seiring waktu, ternyata harga pelet terus membumbung tinggia. Karena itu diperlukan pakan alternatif untuk menguramgi biaya. Adapun macam pakan alternatif diaotaranya bekicot, keong mas, ayam tiren, anak mujair, magot atau larva lalat, cacing, sosis kadaluarsa, katak, usus ayam, isi perut pindangan, didih, bulu ayam, ikan rucah, telur busuk, dan masih banyak lagi.

12 komentar:

  1. http://www.dinabadajoz.com/review/pakan-alternatif-untuk-budidaya-ikan-lele.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pakan dari roti bekas bgmana?

      Hapus
  2. bulu ayam apa pak yg disukai lele
    cara pemberiannya seperti apa?

    BalasHapus
  3. Bulu ayam kalau diberikan secara langsung, lele-nya tidak minat. Pada umumnya, bulu ayam tersebut dibakar terlebih dahulu hingga menjadi abu / arang. Arang ini banyak mengandung mineral yang dibutuhkan untuk pergantiang kulit ( molting ) pada udang. Kalo untuk lele bisa untuk campuran bahan makanan.

    BalasHapus
  4. bagaimana cara dan waktu untuk memberi pakan alternatif buat lele, semisal usus ayam, dan sejenisnya

    BalasHapus
  5. @Anonim, pastikan jumlah pakan alternatif yang disediakan jumlahnya cukup untuk memenuhi rasa lapar semua ikan lele secara adil, tidak kurang dan tidak berlebih sampai bersisa. Jika masih diberi pelet, berarti pemberian pakan alternatif usus tersebut harus terpaut jarak minimal 10 jam agar pelet yang sudah ada di perut tidak dimuntahkan kembali. Ketiga, usus dimasak dan dibersihkan terlebih dahulu isinya, atau bisa juga digiling lembut.

    BalasHapus
  6. kalau lele diberi dedek(kulit ari-ari kedelai)apakah mau

    BalasHapus
  7. Saya sendiri sudah pernah mencoba diberi dedak dan katul halus. Katul itu kandungan proteinnya 12%-15%. Padahal lele butuh kandungan protein 30%-40%. Jadinya, lele tetap mau makan, namun lele tidak bisa besar. Juga karena kandungan serat dari katul yang tinggi, maka bahan ini terbatas jumlah penggunaannya sebagai salah satu bahan penyusun pelet pakan ikan lele oleh pabrikan pakan ternak ( feedmill ).

    BalasHapus
  8. kalo kita kasih ikan rucah gimana gan?berapa kadar kandungan protein dan zat besinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kandungan protein sekitar 18 gram dan zat besi sekitar 1 gram di setiap 100 gram daging ikan nila.

      Hapus
  9. Usus ayam wajib di masak ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usus ayam bisa menjadi pakan alternatif, namun waspada karena bisa merusak air kolam. Usus ayam bisa diberikan mentah.

      Hapus