Mohon Maaf, Kemitraan Lele Suramadu sementara ini per 21-02-2013 "Bersifat Tertutup" (Terbatas Mitra-Mitra Lama Terpilih).

Sabtu, 18 Juni 2011

Tingkat Pemberian Pakan Lele / Feeding Rate

Feeding Rate Catfish adalah kebutuhan jumlah makanan yang diberikan secara harian yang mampu mendukun pertumbuhan ikan lele secara maksimal tanpa meninggalkan aspek efisiensi usaha. Biasanya jumlah pakan tersebut disesuaikan dengan bobot lele itu sendiri dan dinyatakan dalam satuan prosentase. Besarnya prosentase ini diuraikan sebagai berikut:
Umur Ikan Feeding Rate (%)
1 10
2 9
3 8
4 7
5 6
6 5
7 4
8 3

3 komentar:

  1. apakah bisa lebih terinci , pak..........

    BalasHapus
  2. maksudnya gimana mas,kurang bisa di mengerti...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umur itu adalah umur minggu. Minggu ke satu sampai minggu kedelapan. Feeding Rate adalah prosentase kebutuhan pakan yang dibandingkan dengan bobot ikan itu sendiri. Sekilas terlihat, Semakin besar ikan ternyata pakannya semakin sedikit. Tapi jangan salah mengira, karena bobot ikan lele yang sedemikian pesat naiknya, otomatis pakan yang harus sudah siap (ready stok) juga banyak sekali.
      Namun tidak usah panik karena kebutuhan pakan yang besar tersebut akan dikompensasi dengan harga jual daging ikan yang memadai. Memadai bisa untung jika kita bisa masuk dalam kelompok tani yang tepat.

      Hapus