Mohon Maaf, Kemitraan Lele Suramadu sementara ini per 21-02-2013 "Bersifat Tertutup" (Terbatas Mitra-Mitra Lama Terpilih).

Rabu, 22 Juni 2011

Pemijahan Alami Ikan Lele

Teknik-teknik pemijahan pada lele ada tiga yaitu pemijahan alami, pemijahan semi intensif dan pemijahan intensif. Untuk pemijahan alami, tidak terdapat penggunaan bahan obat-obatan apapun untuk merangsang kematangan gonad indukan yang akan dikawinkan. Perlakuan yang ada hanyalah memberi pakan dengan kadar protein diatas 30%. Kekurangan dari sestem ini adalah belum tentunya terjadi pembuahan, meski sudah dilakukan upaya-upaya yang benar. Akan tetapi karena teknik ini tidak menuntut biaya yang besar terutama membeli hormon perangsang, makanya menjadi populer diseluruh pembiakan lele. Ada keyakinan juga bahwa hasil dari pemijahan atau pengawinan lele secara alami ini akan menghasilkan bibit yang tahan banting serta tahan terhadap penyakit.Juga terhadap indukan tidak ada pemaksaan sehingga indukan bisa dipijahkan sampai akhir hayat. Adapun cara pemijahan alami adalah tinggal menyatukan induk lele jantan dan induk lele betina dalam kolam pemijahan dan ditunggu sampai semalam. Keesokan harinya, jika pemijahan berhasil, akan terdapat banyak telur lele yang berserak pada kakaban.

4 komentar:

  1. maaf gan, disaat pemijahan apakah hanya sepasang Romeo dan Juliet itu saja yang ada di kolam?? atau apakah bisa dengan keberaan lele2 yang lain?? dengan kata lain jika di kolam lele cuma di letakkan kakaban apakah lele bisa bertelur disana?? terima kasih atas waktunya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemijahan ikan lele alami bisa dengan 1:1 atau 1:2 atau 1:3. Artinya 1 jantan bisa saja dicampur dengan 3 betina. Keberhasilan pemijahan bisa disebabkan banyak faktor. Bukan semata-mata adanya kakaban.

      Hapus
    2. makasi banyak mak ginah dan fafan, lumayan membantu. pingin mijah 1:3 tapi kok masih takut nangkapnya yah?? hihihi, oya, apakah ada cara khusus penangkapan induk?? kemudian apakan dalam 1:3 itu bisa bertelur ketiga induk dalam satu malam??

      Hapus
    3. Jika kesulitan menangkap induk, bisa juga digunakan serok segitiga. Sedangkan keberhasilan pemijahan tergantung dari kematangan gonad induk.

      Hapus