Mohon Maaf, Kemitraan Lele Suramadu sementara ini per 21-02-2013 "Bersifat Tertutup" (Terbatas Mitra-Mitra Lama Terpilih).

Minggu, 26 Juni 2011

Lele Mati Mendadak

Kegagalan panen lele tidak hanya diakibatkan oleh penyakit. Bisa juga dikarenakan kematian yang mendadak. Sangat membingungkan, dan sebagian besar hanya bisa menduga-duga. Dugaan paling banyak dari para peternak lele adalah faktor cuaca dan karena dipotas oleh orang usil. Namun penyebab persisnya, mereka tidak tahu. Sedangkan para pakar menginformasikan bahwasannya penyebab umum kematian mendadak ini dikarenakan perubahan suhu yang mendadak dan atau perubahan kadar asam air kolam yang tinggi karena deraan hujan pertama. Faktor lain bisa juga karena keracunan makanan. Misalnya karena diberikan cacing sutera yang berasal dari daerah penuh limbah beracun. Untuk menghindari perubahan cuaca yang ektrim, biasanya diperlukan modifikasi pada kolam. Biasanya modifikasi berupa penambahan atap kolam, penambahan sekam atau serbuk gergaji dibawah kolam terpal, atau penempatan kolam dalam ruangan semi indoor.

8 komentar:

  1. kalo kolam semen apa perlu dikasih sekam ato serbuk gergaji untuk dasar kolamnya...???

    BalasHapus
  2. Sekam atau serbuk gergaji kayu bisa digunakan sebagai alas pada kolam terpal agar mengurangi turbulensi suhu.

    BalasHapus
  3. Saya 3 minggu lalu tebar 1000 benih 5-7cm dlm kolan terpal 1,20x3x0,70m Bibitnya gk ketahuan lele apa. Yg kirim katanya udah silangan, warnanya abu2 terang, bawah putih. pertumbuhannya cukup cepat. bbrapa hri ini ada yg mati dng perut gede, sama ada yg keplnya bintik putih. itu knapa ya? disini klo bli bibit sangkurian/masamo minimal ordernya brapa? 5-7cm dan 781-2 kirim ke kediri (dlm kota) harga brapa? makasih infonya. balas ke brantas57@gmail.com boleh ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara mudah untuk mengetahui lele unggulan adalah adanya Surat Keterangan Asal yang menerangkan asal usul induk lele dimaksud. Namun demikian, tidak berarti lele unggulan terbebas sama sekali dari penyakit. Apalagi jika pemeliharannya ternyata salah. Perut buncit bisa merupakan salah satu penyakit karena bakteri. Segera tindaklanjuti agar tidak menular kepada ikan lainnya, dengan cara memisahkan antara ikan yang sakit dan yang sehat.

      Hapus
  4. Adakah obatnya untuk lele perut buncit?
    Tolong infonya, trima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa penyebab perut buncit pada lele. Salah satunya over feeding. Itu tidak perlu obat. Namun jika karena sakit, perlu penanganan. Karena obat mahal, mendingan pakai herbal alami saja, seperti garam dan daun pepaya.

      Hapus