Mohon Maaf, Kemitraan Lele Suramadu sementara ini per 21-02-2013 "Bersifat Tertutup" (Terbatas Mitra-Mitra Lama Terpilih).

Jumat, 09 September 2011

Harga Pakan Ikan Lele Suramadu Per September

PAKAN PABRIKAN APUNG UNTUK LELE

Produk PT. Matahari Sakti ( MS )

Prima Feed - LP1 Rp.218.000 (30Kg/Protein Up>33%)
Prima Feed - LP2 Rp.207.000 (30Kg/Protein 31-33%)
Prima Feed - LP3 Rp.204.000 (30Kg/Protein 31-33%)


Produk PT. Central Proteinaprima ( CPP )

Hi Pro Vite - 781-1 Rp.215.000 (30Kg/Protein 31-33%)
Hi Pro Vite - 781-2 Rp.207.000 (30Kg/Protein 31-33%)
Hi Pro Vite - 781-3 Rp.204.000 (30Kg/Protein 31-33%)



PAKAN PABRIKAN TENGGELAM UNTUK LELE

Produk PT. Sinta Prima Feedmill ( Sinta )

SN L Rp. 266.000 (50Kg/Protein +- 30%)



PAKAN PABRIKAN APUNG UNTUK SEGALA IKAN

F 999 Rp.107.000 (10Kg/Protein Up>38%) (Bisa Untuk Makanan Lele)
SCAU 2 Rp.142.000 (30Kg/Protein 17-19%) (Tidak direkomendasikan untuk Lele)
SCAU 3 Rp.141.000 (30Kg/Protein 17-19%) (Tidak direkomendasikan untuk Lele)
SCAU 4 Rp.140.000 (30Kg/Protein 17-19%) (Tidak direkomdendasikan untuk Lele)



CATATAN:
Harga diatas sudah termasuk ongkos kirim bagi pembeli bibit Lele Suramadu (Lele Surabaya Madura) pada area tertentu.
Bagi non pembeli bibit lele dari luar jawa ( Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Bali, Nusa Tenggara, Papua ) akan dikenakan biaya transport dengan tarif yang sedang berlaku, dengan kantor perusahaan ekspedisi / cargo yang berlokasi di sekitar Surabaya ( Pelabuhan Tanjung Perak atau Bandara Juanda ).

Harga Pakan Lele Suramadu terkini ( per FEBRUARI 2013 ) - klik disini

244 komentar:

  1. Balasan
    1. mohon informasi ..... untuk 1000 ekor benih ukuran 5-7 begitu ditebar sampai panen dua bulan ukuran 7-8 ekor per kg dibutuhkan pakan Pl.1 berapa kg , Pl. 2 berapa kg , Pl.3 berapa kg dan Pelet tenggelam berapa kg . trims

      Hapus
    2. Benih 1000 ekor dengan asumsi survival rate 100%, akan dihasilkan panen 1,3 kuintal. Jika bibit yang ditebar adalah sangkuriang, standard FCR kebutuhan pakan konsentrat PL adalah 104 kg. Kebutuhan tersebut dipenuhi dari 30Kg pelet PL1, PL2, PL3. Sisanya 74 kg diberikan dari pelet tenggelam sinta atau pakan akhir budidaya apung. FCR bisa lebih efisien lagi bagi pembudidaya yang punya jam terbang tinggi. Salah satunya adalah Bapak Ade Sunarma dari Sukabumi yang bisa membudidayakan lele sangkuriang dengan FCR hanya 0,5.

      Hapus
  2. Terimakasih Mas Eko sudah mau bersusah-susah menbandingkan harganya dengan penjual pakan ternak tempat lain. Jadinya puas telah membuktikan sendiri bahwasannya pakan lele kami adalah murah bahkan termurah.

    BalasHapus
  3. walaupun harga murah tapi kalau pembelian dibatasi, sama saja dengan bohong kan.
    kami pengen bukti, kira-kira pembelian pakan SNL 10sak saja dilayani gak ?

    BalasHapus
  4. bener nih trima pembelian hasil panen juga?

    kalo harga bibit berapa?

    BalasHapus
  5. @ Mas Air, benar SNL Sinta memang ada minimal pembelian, dikarenakan kami tidak ingin ada stok pelet lama tersimpan, sehingga mengurangi kesegaran pelet itu sendiri. Untuk wilayah jatim, pemasaran snl masih dalam level perkenalan, sehingga perputarannya lambat. Jadi untuk sementara, pesanan snl yang dilayani khusus untuk 8 ton keatas. Jika ingin pesan 10 sak atau 1 sak, kami tetap bisa melayani dg pilihan merk 781 (pokphand), LP ( MS ), atau f 99. Meski pengambilan pakan dari pokphand dan ms ini sedikit, namun tingkat kesegaran pakannya tetap terjaga sangat baik-fresh from factory oven, karena memang di jatim sangat laris dan perputarannya sangat tinggi. snl sinta justru laris manis di wilayah indonesia barat. pembelian, dikarenakan kami tidak ingin ada stok pelet lama tersimpan, sehingga mengurangi kesegaran pelet itu sendiri. Untuk wilayah jatim, pemasaran snl masih dalam level perkenalan, sehingga perputarannya lambat. Jadi untuk sementara, pesanan snl yang dilayani khusus untuk 8 ton keatas. Jika ingin pesan 10 sak atau 1 sak, kami tetap bisa melayani dg pilihan merk 781 (pokphand), LP ( MS ), atau f 99. Meski pengambilan pakan dari pokphand dan ms ini sedikit, namun tingkat kesegaran pakannya tetap terjaga sangat baik-fresh from factory oven, karena memang di jatim sangat laris dan perputarannya sangat tinggi. snl sinta justru laris manis di wilayah indonesia barat.

    BalasHapus
  6. Ok, trima kasih mas Fafan atas informasinya.
    saya mo tanya lagi neh mas, 781 sama LP itu bagusan yang mana ?
    Misalnya saya pesan pakan saja di mas Fafan tanpa bibit, apakah nantinya setelah panen bisa dijual ke mas Fafan ?
    terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  7. @ Mas Whistra born in 1987, panen pelanggan bibit lele dari kami, tentu akan kami tampung. Sekarang saja sudah menambah personal khusus menangani panen dari pelanggan.

    BalasHapus
  8. @ Mas Air, kita jual paket, bibit berikut pakannya, dan tebas panen lele-nya. Kalo pakan, mudahnya lebih mahal besar kemungkinan lebih bagus.

    BalasHapus
  9. mas fafan, boleh tanya donk,
    saya baru mau usaha nech pembesaran lele didaerah kertosono nganjuk, dengan metode kolam terpal, kalau mau beli bibit and pakannya dari sampeyan gimana prosesnya, terus berapa biaya and analisa usahanya, tingkat keuntungan untuk saya seberapa besar, informasi tanah cukup luas untuk bikin kolam lele.

    BalasHapus
  10. Bos, sy yg tebar 4 rb tgl 2 okt kmrn di Puri Sejahtera, mohon info:
    1. Kl sy beli pakan lp-1, 1 sak gt apa bs dikirim?
    2. Bos perkiraan utk bibit 9 cm itu per seribunya brp kg atau gr, atau 1 kg isi brp ekor?
    3. Normalnya setelah tebar 1 minggu rata2 mjd ukuran brp?
    Makasih Bos.

    BalasHapus
  11. @ mas myhendahr, Jika analisa usaha banyak sekali diulas dibuku-buku atau di internet. Namun demikian margin yang didapat sepenuhnya tergantung pembudidaya sendiri. Ketrampilan dan jam terbang sangat menentukan kesuksesan. Jika sudah mahir, analisa di buku2 lele itu bisa jadi terlalu kecil, karena yang didapat lebih besar.

    BalasHapus
  12. @ Pak Edi - Puri Sejahtera, bagaimana bibitnya kemaren sehat kan?! LP-1 harga-nya 218.000 / sak. Pakan memang dikirim gratis, namun pengiriman pakan dimaksud adalah dibarengkan jadi satu dengan pengiriman bibit yang juga gratis alias tidak ada ongkos transport.

    BalasHapus
  13. Pengalaman pelanggan terakhir, Per seribunya bisa mendapatkan 1,06 kwintal. Dengan panen size lele 10/kg.

    BalasHapus
  14. Setelah satu minggu, ukuran menjadi apa ? Nah itu tergantung pakan dan kondisi kolam. Dalam kondisi yang ideal, harusnya sudah mencapai 12-13 cm.

    BalasHapus
  15. Trimakasih banyak Bos, Alhamdulillah lelenya sehat, kemarin ada yg 'gone' 1 ekor. Kok bbrp ekor bentuknya spt kecebong: kpl gede perut sp ekor kuuuecil,,apa dibuang sj ya?

    BalasHapus
  16. Yang 'gone' satu ekor itu apakah bisa diidentifikasi penyebab kematiannya? Deteksi dini penyakit itu adalah kunci sukses ternak lele. Untuk lele yang kurus ini dengan jumlah dibawah lima ekor, memang kategori lele yang rewel makan. Maunya pakan yang segar (pakan alami) seperti cacing tubifex, nantinya akan kembali gemuk. Jadi dibiarkan saja, tidak apa-apa, dan dipaksakan makan pelet pabrik ( dry food ). Juga harap diperhatikan kualitas pakannya. Jangan menggunakan pakan pabrik yang lama.

    BalasHapus
  17. kalo pakan SNL untuk daerah padang sumatera barat kira2 harganya berapa ...sampai di padang

    BalasHapus
  18. wah makasih masbro and sista, sarannya yang muantep, jadi pengen segera belajar, dengan jumlah kecil dulu kali yach, nantio kalo udah mahir baru dibesarkan dan tinggal kontak mas fafan and mak ginah udah beres urusan pakan, bibit juga penjualannya. thanks bos.

    BalasHapus
  19. @ Mas Anang, sekedar saran, sumatra ada baiknya membeli pakan ikan via jakarta saja, karena ekspedisinya akan jauh lebih murah. Kalau Indonesia Timur, harga kita bisa kompetitif murah karena ekspedisi-nya juga murah.

    BalasHapus
  20. @ Mas Myendahr, Iya, saran kami, coba dulu dalam jumlah sedikit. Dan terus pantau, berapa prestasi FCR ( Food Conversion Rate ) Panjenengan. Kalau urusan pakan ikan, sudah tidak perlu pusing lagi karena harga di kami sudah murah sekali. Kalo panen, juga bisa dijual ke kami atau bisa pula dijual sendiri.

    BalasHapus
  21. saya mau tanya, bedanya pakan 781-1 dan 781-2 apa, kl saya mau tebar benih kira2 makanan apa yg cocok,apa f99?kira-kira apa bisa dikirim kl order 1 sak, maaf saya masih pemula

    BalasHapus
  22. @ Mas Dimas, bedanya 781-1 dan 781-2 adalah diameter butiran pelet. Kalau -1 itu berarti diameternya 1mm. Kalau -2 itu berarti diameternya 2 mm. F999 itu juga diameter butirannya hampir 1mm. Benih lele ukuran berapa yang Mas Dimas maksud? F99 itu meskipun peruntukannya untuk benih ikan segala usia, akan tetapi bisa juga digunakan sebagai pakan lele dari awal masa budidaya sampai dengan panen.

    BalasHapus
  23. saya mau tebar bibit 5-7cm,kira2 ada tidak ditempat mbak & mas,kira2 hrg brp?kl beli pakan f999 untuk bisa dikirim apa ada minimum ordernya,terima kasih sebelumnya maaf saya banyak bertanya

    BalasHapus
  24. Maaf Mas Dimas, kita tidak sedia bibit ukuran 5-7. Yang ada bibit ukuran besar. Beli Pakan FF 999 tidak ada minimum order. silakan saja banyak bertanya supaya bisa tahu jalan tol terbaik dan tercepat menuju goal Mas Dimas :)

    BalasHapus
  25. tanya lagi mak ginah & mas fafan, kl harga bibit ukuran besar brp?dan ukuran berapa? dengan ukuran segitu kira-kira berapa bulan masa panen?...sebelumnya terima kasih informasinya

    BalasHapus
  26. Yang ada di kami ukuran 12 up (panen 1 bulan) dan ukuran 9 (panen 1,5 bulan). Harga bibitnya: 450 dan 350. Sementara ini, bibit yang 350 sedang kosong.

    BalasHapus
  27. Menyambung pertanyaan Om Dimas.
    kriteria panen itu seperti apa ? dan apakah ada kategori berdasarkan bobot ?. misal, yang diterima untuk di beli hanyalah yang berbobot 1kg isi 8 ekor. terimakasih

    BalasHapus
  28. bos utk daerah perak ap bs d kirim?

    BalasHapus
  29. @Nonim, panen yang kami terima adalah ukur 8-10/kg. Dan daerah perak bisa dikirim.

    BalasHapus
  30. pk untuk daerh mojokerto bisa di kirim at tdk.trim

    BalasHapus
  31. @ bloogku, bisa Pak selama bibit masih ada

    BalasHapus
  32. pak, ongkir ke banjarbaru kalsel berapa ya?
    mau pesan CPP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan hubungi 082115777999 (telp ya, jangan SMS)

      Hapus
    2. Nggak pernah nyambung Mas..

      Hapus
  33. Ongkir tergantung ekspedisinya. Barangkali Bu Mega sudah punya langganan sendiri, mendingan pakai ekspedisi tersebut.

    BalasHapus
  34. brapa harga pakan saat ini ? apa masi sama seperti di atas ?????

    BalasHapus
  35. Masih sama Pak, kecuali pellet sinta

    BalasHapus
  36. harga 781-1 di atas skrg masih sama ya? trus dng ongkir ke makassar brp jadinya?

    BalasHapus
  37. Pak Halim, Ongkir antar pulau tergantung banyaknya pesanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas fafan, mau tanya nich ....
      pakan lele yang sudah dibibis dan ditambahkan probiotik kalo ndak habis apakah bisa diberikan di lain waktu ? misal diberikan di kesokan harinya ?

      Hapus
    2. Bisa Pak Amir. Tapi menurut pabrikan probiotik, maksimal 24 jam. Kalo menurut saya, penyimpanannya dalam wadah tertutup anaerob.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  38. pakk brooo krm di daerah gresikk brp??/

    BalasHapus
  39. Tertarik beli paket (ikan+bibit) di blog ini, bisa ditampilkan harga paketnya kah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada paket Pak. Kita jual bibit lele sangkuriang saja. Tapi kita berusaha membantu dengan memberi kemudahan2 (seperti menyediakan pakan murah, membantu memasarkan hasil panen lele, dll). Jika dirasa kemudahan2 itu tidak diperlukan oleh pembudidaya yang bersangkutan, misalnya bisa memasarkan hasil panen sendiri atau bisa membuat pakan sendiri, itu tidak masalah, dan monggo saja.

      Hapus
  40. tanya lagi ya mas fafan ... :)
    pemberian pakan yang saya berikan 3 kali jam 9, jam 2 ato 3 dan jam 7 ato 8 malam. yang saya tanyakan kenapa porsi pelet yang saya berikan tiap waktu tersebut kok berbeda - beda ya. misal pada jam 9 pagi habis nya 0.5 kilo sedangkan untuk jam 3 cuman habis 0.3 kilo kemudian malem nya lagi bisa habis 0.6 kilo. dan tren porsi itu bisa berubah - ubah jam nya, kadang pagi bisa cuman habis 0.3 kilo tapi pas sore naik lagi jadi 0.5 kilo.

    terimakasih ya mas fafan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jumlah pakan yang dikonsumsi pada satu waktu sangat tergantung dari sisa persediaan pakan di lambung lele tersebut yang masih belum dicerna lebih lanjut. Selain itu juga tergantung pada suhu sekitar. Semakin panas suhu, semakin nafsu makan-ikan tersebut. Itu dengan asumsi kesehatan ikan baik dan jenis pakan yang diberikan adalah sama setiap saat.

      Hapus
  41. ada tambahan pertanyaan ya mas...
    jumlah lele dalam kolam ukuran 4.5 m2 sejumlah 300 ekor dalam kolam tersebut ada sekitar 4 atau 5 lele yang menggantung/berdiri di atas permukaan dengan 1 atau 2 ikan yang kembung. itu kenapa ya mas ? apa perlu penanganan khusus untuk kasus itu ?

    terimakasih ya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penanganan segera adalah pisahkan ikan yang menggantung tersebut (baik yang kembung ataupun tidak). Kemudian perlu diberikan pengobatan baik pada ikan yang sudah dikarantina ataupun ikan yang ada di kolam 4,5m2. Pengobatan bisa menggunakan ramuan organik semacam daun pepaya, garam, bawang dll. Pantau terus perkmebngannya. Dan jangan lupa, takaran pakan bisa jadi berubah, karena nafsu ikan yang sedang sakit akan menurun drastis.

      Hapus
  42. ass,,,,mas saya butuh pakan ikan lele,
    omset pembeliannya lumayan banyak,1 bulan saya bisa mengeluarkan ratusan karung,
    yang saya cari:
    -fengli_1
    -pf 800
    -pf 1000
    -hiprovit _1
    -Lp
    kira'' ada gak,sya cari agen yang harganya lebih murah dari daerah saya,,?
    mohon infonya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masing-masing daerah pasti ada sales sendiri-sendiri Pak. Coba Bapak hubungi Sales yang pegang wilayah di daerah Bapak.

      Hapus
  43. Mas Fafan klo order utk daerah Cepu brp ongkirnya ?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cepu Jawa Tengah, mohon maaf kita belum bisa melayani.

      Hapus
  44. mas kapan 781-1 nya datang?aq tadi ke tempat pean tp lagi kosong barang e..
    mak ginah juga lg gak ada ditempat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau beli 781-1 memang kudu pesan dulu Mas. Soalnya para pembudidaya lebih banyak pakai merk lainnya. Jadi kami sering stok pakan yang sirkulasi-nya cepat.

      Hapus
  45. MAu tanya mas fafan...kalu untuk kolam semen ukuran 1.5mx1.5m trus tinggi kolam 1 m itu idealnya diisi berapa ekor lele pak?trus ukuran berapa????trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggi Kolam 1 M, belum tentu tinggi air 1 m juga.
      Kalau tinggi air nantinya 1 m maka kolam tersebut bisa diisi 225 ekor bibit.

      Hapus
  46. minta alamat & cp nya bisa g...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bogangin Baru Blok K No.1 Kelurahan Kedurus Kec.Karangpilang Surabaya (belakang showroom Daihatsu Jalan Raya Mastrip).

      Hapus
  47. mau tanya mas fafan....harga pakan ikan 781-1,781-2,781-3 berapa samp[ai nganjuk dan minimal order berapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami melayani pakan murah hanya untuk mitra-mitra kami saja Pak.

      Hapus
  48. saya petani salatiga minta no.e yg bs d hub.i kaban salatiga

    BalasHapus
  49. daerah surabaya utara di mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami di Surabaya Selatan Pak, tepatnya di Bogangin Baru Blok K No.1 Kelurahan Kedurus Kec.Karangpilang Surabaya (belakang showroom Daihatsu Jalan Raya Mastrip).

      Hapus
  50. mau tanya mas fafan....harga pakan ikan 781-1,781-2,781-3 berapa sampai Denpasar dan minimal order berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf, kita cuma melayani permintaan pakan bermerk dan murah dari mitra-mitra kami saja. Soalnya tidak punya gudang besar.

      Hapus
  51. sya sedang proses persiapan budidaya, mohon informasikan alamat web/contact perusahaan pakan dan suplemen bagi ikan..mohon diinformasiakan dan dikirimkan via email tanta_arien@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perusahaan Pakan Ikan : Kita sendiri juga memasarkan pakan ikan murah. Suplement Ikan, kita juga memasarkan secara gratis khusus untuk terbatas pada mitra kami sendiri.

      Hapus
    2. gimana caranya kita jadi mitra..???

      Hapus
    3. Tidak ada syarat, cuma beli bibit dari kita. Nanti, hasil panen mitra akan kita ambil jikalau mitra kesulitan memasarkannya. Sementara ini kita juga akan bantu menyediakan pakan murah dan berkualitas.

      Hapus
  52. Mas Fafan aku terlanjur sdh beli bibit Lele di Petemon dan renc akan panen 10 hari lagi, tolong aku dibantu untuk menjualnya dan hasil penjualan tersebut aku akan beli bibit sama anda sekalian pakannya, alamatku di Graha Sampurna Wiyung Surabaya, tolong dibantu ya.. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini ada Pak Ary, tetangganya Bapak Bambang DH - Wawali Surabaya, yang akan jual hasil panen lele sangkuriang-nya, barangkali ada pembaca disini yang berminat :)

      Hapus
    2. Mas Ary,
      bisa kontak saya di 085234025842.
      Mungkin kita bs kerja sama.

      Herman

      Hapus
    3. Terimakasih untuk Mas Herman yang telah membantu kesulitan Mas Ary :)

      Hapus
  53. Assalamualaikum

    Mas Fafan, ane sdh ambil bibit dan pakan bulan maret kemaren 400 ekor dtebar pd kolam terpal, yg ingin ditanyakan s/d 3 minggu ini pertumbuhan lelenya tidak merata, ada yg sdh besar tp ada jg yg gak tumbuh, kenapa bisa begitu ya? Utk info ud 13 ekor yg gone krn dilahap kawannya, maturnuwun ditunggu jawabannya......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam. Untuk 13 ekor bibit lele yang gone, Pak Sunardi bisa mendapatkan penggantian secara gratis dari kami. Silakan hubungi Mak Ginah. Kemudian, ketidakmerataan pertumbuhan ada banyak hal. Pada umumnya penyebabnya tidak merata-nya pemberian pakan dan bisa juga disebabkan lele pernah sakit dan sudah sembuh. Meski sudah sembuh, pertumbuhan lele tersebut akan kalah dibanding lele-lele lainnya.

      Hapus
  54. mas, harga LP1, LP2, LP3 kirim sampai lampung berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lampung, mendingan beli dari Jakarta saja. Soalnya ongkos kirim dari Surabaya akan mahal sekali.

      Hapus
  55. Assalamualaikum...
    Mas Fafan, saya kan baru mau mulai merintis usaha pembesaran lele di Pamekasan. Nah saya kesulitan cari pakan Sinta SNL. Tadi saya baca comment2nya sampean itu harus menjadi mitra dulu agar bisa beli pakan. Nah cara jadi mitranya itu gimana..?? misalnya saya harus beli bibit di Mas Fafan ok sih fine. tapi kalo boleh tau apa bibit lele sangkuriang Mas Fafan bersertifikat BPBAT belum..??? sekian dulu pertanyaan saya. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sertifikat BBPBAT bisa Mas Dani lihat di kolam kami.

      Hapus
    2. OK Mas. Terus misalnya saya jadi ambil bibit di Mas Fafan fasilitas apa aja yang saya peroleh..?? Tolong dibales ya Mas. Soalnya saya sms dan telp nggak pernah bisa. Kalo bisa minta no HP Mas Fafan yang valid ya...

      Hapus
    3. @ Mas Dani Syarif, penjelasan detail baiknya memang langsung ketemuan face to face di kolam. Mitra-mitra kami dari Madura juga hampir tiap minggu main2 ketempat kami. Untuk nomor telepon yang kita punya adalah seperti di yang tercantum di "kontak dan alamat". Namun memang hp-nya lagi minta diganti sebagai bagian dari resiko pekerjaan yang bergelut dengan air. Jadi mohon dimaklumi.

      Hapus
  56. Siang Mas..
    harga diatas harga umum ato harga mitra ???
    Mitra itu syaratnya apa ???
    untuk ukuran up 12/1bln panen habis pakan -2 brp untuk 1000 ekornya ??? (kasih perkiraannya ya mas buat ngitung modalnya..hehehehe)
    Terima Kasih Mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ Mas Hary, sebetulnya harga diatas adalah harga umum. Namun beberapa waktu terakhir permintaan pakan sangat ramai dan dikarenakan keterbatasan gudang stok penyimpanan pakan, otomatis kita memprioritaskan mitra2 terlebih dahulu.

      Hapus
  57. Untuk membicarakan analisa usaha, besar margin, ataupun kebutuhan modal, semua sangat bergantung pada kapasitas Mas Hary. Usaha lele bisa saja dikondisikan dengan target pencapaian laba 10%. Namun bisa juga pembesaran lele dikondisikan dengan target pencapaian laba 100%. Semuanya masuk akal, bisa diraih dan ada caranya. Tapi ya itu tadi, akhirnya tergantung pada kapasitas dan kemampuan diri. Dan sangat salah kalau margin itu tergantung besarnya modal.

    BalasHapus
  58. Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

    BalasHapus
  59. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kesediaannya menunggu

      Hapus
  60. Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

    BalasHapus
  61. Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

    BalasHapus
  62. Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

    BalasHapus
  63. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  64. Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

    BalasHapus
  65. wah bagus sekali infonya pasti say akan coba sekarang juga, sukses yah

    BalasHapus
  66. Untuk daerah Lampung pakan LP 1, 2, 3 grosirnya di mana ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut pabrik MS (matahari sakti), daerah lampung sudah ada salesnya. Silakan telpon PT.Matahari Sakti di Surabaya.

      Hapus
  67. Mas klu main k tempat pembibitan lelesuramadu bisa ndak untuk konsultasi pengen belajar, kira2 hari dan jam berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ Mas Indra, silakan saja maen ditempat kami dan bertanya apapun. Siang bisa - malam juga bisa. Hari pun juga bebas.

      Hapus
  68. mas fafan harga pakan untuk 781-1 sampai -3 sekarang berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga masih tetap Mas. Tidak ikut-ikutan naik seperti yang lainnya.

      Hapus
  69. Harga pakan untuk LP-1 sampai -3 sekarang berapa gan?

    BalasHapus
  70. mas bibit lele yang ada uk. berapa dan harganya berapa, minimal order berapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ukur 12, harga 450, dan tidak ada minimal order.

      Hapus
  71. mas harga lele konsumsi isi 10/kg dari petani dibeli berapa mas ?

    BalasHapus
  72. Permisi, mau tanya harga
    1. Pelet ikan bibit merek 581 L PT Central Pangan Pertiwi
    2. Merk FF-999 PT Central Protein Prima
    3. Merk Turbo T 78-2
    Mohon infonya, termasuk ongkir ke Kaltim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk saat ini kita belum melayani permintaan luar jawa. Masih berkutat di pelanggan lokal saja. Dan itupun khusus pelanggan bibit kami saja. Tentang harga FF999 adalah seperti tersebut diatas. Sedangkan pelet bubuk 581 dan Turbo 78-2, kita tidak sedia.

      Hapus
  73. mas kalau beli pakan minimal kirim brp sak, boleh campur g? saya di daerah semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Pak, sementara permintaan pakan dari luar pelanggan bibit tidak dilayani. Gudang penyimpanan stock sudah tidak memadai jika melayani semua pesanan.

      Hapus
  74. Misal sy beli 1.000 ekor bibit lele. Dengan kondisi normal dan pakan intensif, brp kg pakan yg diperlukan untuk mencapai uk isi 10/kg? Dan brp hari waktu yg siperlukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Standart dari BBPBAT produsen lele sangkuriang, konsumsi pakan lele sangkuriang adalah 1:0,8 dengan asumsi kondisi normal dan ditangani oleh pembudidaya dengan jam terbang menengah. Artinya untuk menghasilkan panen 1 kg lele konsumsi dibutuhkan pakan pelet (yang direkomendasikan untuk lele sangkuriang) sebanyak 0,8 kg. Perbandingan tersebut biasanya diistilahkan dengan FCR atau Food Conversion Rate. Jadi standar FRC untuk lele sangkuriang adalah 0,8.
      Jika Anda (anonim) ada 1000 bibit lele (asumsi hidup semua) dan direncanakan panen seluruhnya dengan ukuran 10/Kg atau 100 gram per ekor, maka panen yang dihasilkan adalah 100 gram x 1000 = 100 Kg. Untuk bisa sampai panen lele sangkuriang konsumsi sebanyak 100 Kg ini akan dibutuhkan pakan pelet sebanyak 100 kg X 0,8 = 80 Kg.
      Jadi penebaran bibit sebanyak 1000 ekor tersebut, maka perlu disiapkan pakan sebanyak 80 Kg.
      Besaran FCR sendiri ada banyak versi. Menurut pabrikan pakan ternak, standar FCR adalah 1,0. Menurut pembudidaya berpengalaman, FCR adalah 0,5 sd 0,6. Menurut pembudidaya dari jawa tengah FCR standar yang dipakai adalah 0,9. Sedangkan pengalaman dari pembudidaya pemula, FCR yang dialaminya adalah 1,2 atau lebih besar. Jadi bisa disimpulkan semakin tinggi jam terbang dalam berbudidaya ikan lele, maka akan didapat FCR yang makin kecil dan efisien. Memang tidak ada yang instan untuk meraih prestasi tertentu. :)

      Hapus
  75. Jual bibit lele Sangkuriang vs Dumbo.
    Alamat Kediri JATIM
    Yahya : 085791009700

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ Mas Yahya, racikan baru nih, persilangan antara Dumbo Vs Sangkuriang. Semoga sukses lapak Mas Yahya seiring meningkatnya permintaan lele konsumsi di pasaran.

      Hapus
  76. pengambilan bibit minimal berapa ekor mas, dan uk 5 brapa? kemudian untuk bisa menjadi mitra budidaya lele bgmana caranya? makasihh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika Mas Yudistira maen2 ke kolam kami, otomatis sudah jadi mitra koq, dan bisa bertanya apa saja gratis. Jadi kami tunggu kedatangan Mas Yudistira.

      Hapus
  77. abiel, sumenep, madura
    Alamatnya dmn mas,, mau maen2 ke kolam sharing2,, kapan aja bs toh mas,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan saja Mas Abiel. Alamat di Bogangin Baru Blok K No.1 Kelurahan Kedurus Kec.Karangpilang, Surabaya

      Hapus
    2. ok mas,, scepatnya saya meluncur ke sby,,

      Hapus
  78. Kalo pakan dari roti bekas efektif apa gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Roti bekas tidak direkomendasikan, kecuali Mas Bloko Suto bisa mengkombinasikan dengan lainnya sehingga tercipta komposisi nutrisi yang optimal untuk pertumbuhan lele.

      Hapus
  79. Mas, kl ff999 brp/sak ?
    Kl cocok, sy mau pesan 200 sak n brp ongkirx ke palu sulteng ?
    Hub. Sy di 085394638884...sy tgg scptx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga Rp.107.000. Tapi untuk sementara ini kami hanya melayani mitra lele kami sendiri dahulu yang selalu butuh pasokan pakan banyak, kontinyu namun kapasitas gudang kami terbatas.

      Hapus
  80. Salam kenal..Mas fafan,setelah membuka internet,aku jadi penasaran pingin ternak Lele,untuk mengawali,mesti pakai bibit yang ukuran berapa dan pakan apa yg paling cocok,bibit sangkuriang pr bijinya berapa ,kalau sudah panen ,sebagai mitra apa pasti dibeli ke kolamnya , maaf banyak nanya Trim,s

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Hadi di Gresik mana ? Kalau gresik selatan dan gresik kota, kita bersedia membeli panen ke lokasi kolam Mas Hadi, asal persyaratan ukuran sudah memenuhi kriteria.

      Hapus
  81. biasanya berapa lama masa ternak lele bisa dipanen? Misalkan sy jual lele kami ke bapak apa ada jumlah sarat minimal?trims. Mei

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk lele unggulan, masa panen lele pembesaran adalah antara 1,5 bulan sampai dengan 3 bulan. Ada yang lebih lama dan ada yang lebih cepat. Semua tergantung ketrampilan dan bibit lele yang dipilih.

      Hapus
  82. sy berencana membuat 10 kolam terpal ukuran masing2 3x5x1 ideal nya di kasih berapa bibit lele dg ukuran yg berapa? Perkiraan Kebutuhan pakan berapa kilo hingga panen dengan cara pemberian pakan berapa takarannya per hari, mhn sekalian rincian biaya bibit dan pakannya, mengingat kolam lele ini akan kami kembangkan secara serius.trims maskunta di cerme gresik 08123055797

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum menekuni serius budidaya lele, lebih bijak jika maskunta mencoba satu kolam dulu sebagai sarana belajar. Seiring waktu serta jam terbang tinggi, kebutuhan pakan akan bisa berkurang tanpa memundurkan jadwal panen dan bobot total.

      Hapus
  83. assalammualaikum gan, maaaf numpang iklan gan, kalau butuh pompa kami ada

    http://pompaairmodification.wordpress.com/

    terima kasih (suwun) gan

    Wassalam

    BalasHapus
  84. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  85. Edhi Lamongan
    mas Fafan saya mau main ke kolam sampean boleh?
    saya ingin bermitra dan belajar dari mas fafan.
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lamongan merupakan salah satu sentra perikanan budidaya di Indonesia. Kita bisa saling sharing Mas Edhi.

      Hapus
  86. assalamualaikum kalu ukuran 12 up itu harganya berapa per ekor?

    BalasHapus
  87. permisi mas mau numpang tanya nih saya kan mau bikin kolam lele dengan terpal untuk kolan ukuran 2x3m bisa di isi berapa ekor lele ya? dan klo mau pesan bibit untuk daerah bangkingan bisa di kirim gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangkingan Surabaya bisa dikirim. Ukuran 2x3 diisi 600 ekor

      Hapus
  88. mas fafan ada cabang dijakarta ga..?
    kalo ada, tepatnya didaerah mana..?
    salesnya siapa,, no telponnya berapa..?
    email juga dong ke mnuralamshah@yahoo.co.id
    atau alam@unionmetal.co.id
    saya lagi cari bibit dan pakan murah nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Mas Alam, kita belum ada cabang di Jakarta.

      Hapus
  89. cabang di malang ada ngk pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malang juga tidak ada, karena langsung dikirim dari Surabaya

      Hapus
  90. mau tanya mas harga 781-1, -2 dan -3 sekarang berapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih menunggu pricelist terbaru dari pabrik dalam minggu ini.

      Hapus
  91. mau tanya mas harga 7781-1, -2 dan -3 sekarang berapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih menunggu harga terbaru dari pabrik dalam minggu ini.

      Hapus
  92. mas mhn Info, krn lahan terbatas, rencananya saya coba budidayakan di beberapa drum plastik 120 liter an.

    -kira2 satu drum diisi berapa benih?
    - butuh berapa sak pakan hingga panen?
    - apakah dgn media drum bisa se-berhasil dengan media kolam?

    InsyaAllah dalam waktu dekat saya akan kunjungi tempat anda, karena sama2 di surabaya.

    Trm kasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ini pertanyaan mengetes kemampuan matematika. Aturannya 1 meter kubik itu diisi 100 ekor benih. Sementara 1 m3 = 1000 liter. Artinya 1000 liter sanggup membesarkan bibit lele sebanyak 100 ekor. Jadi jika volume air hanya 120 liter, maka drum plastik tersebut sanggup membesarkan bibit sebanyak 12 ekor saja. Kebutuhan pakan untuk 12 ekor bibitpun, tergantung rencana kita mau panen lele yang bobot berapa, bisa 100 gram per ekor, bisa 200, atau 1000 gram per ekor. Jika memilih rencana panen saat lele ukuran 100 gram, maka bobot panen 12 ekor lele tersebut adalah 1,2 Kg. kebutuhan pakan untuk panen lele sangkuriang tersebut secara standard adalah 80% dari rencana bobot panen. Artinya 80% x 1,2 Kg = 960 gram.
      Untuk menilai efektifitas media drum untuk pembesaran lele, saya berpendapat tidak ekonomis karena harga drum itu mahal dan daya tampungnya terbatas.

      Hapus
  93. mas fafan mohon infonya, saya punya kolam kecil uk (1 X 0.5 X 0.7) (pxlxt), kira-2 bisa diisi benih lele berapa ya ?

    BalasHapus
  94. saya tadi siang dari kolam mas fafan & bertemu mak ginah rencana minggu depan mau beli bibit sekitar 400 krn saat ini baru memasukan air kekolam.pertanyaan saya untuk pakan kira2 hbs berapa kilo smpai masa panen & klo saya beli tdk sampai 1 sak boleh apa tidak mas??

    BalasHapus
  95. Tidak masalah, beli pakan ikan eceran. Yang penting, proses pembelajarannya sukses, sehat, bisa panen tepat waktu, bobot panen sesuai target, serta menikmati proses budidaya-nya.

    BalasHapus
  96. mas kenapa kmrin saya beli pakan Prima Feed - LP2 Rp.207.000 (30Kg/Protein 31-33%) lebih mahal dari harga yang ditampilkan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf Bang. Semoga bisa maklum setelah baca yang ini: http://lelesurabayamadura.blogspot.com/2012/10/harga-pakan-ternak-yang-terus-naik.html

      Hapus
    2. mas fafan numpang tanya nie :
      untuk wilayah tuban bs di kirim ap gk z mas???
      rencananya mw ambil 1000 ekor + pakan...

      agoes TBN

      Hapus
    3. Maaf ya Mas Agoes, Tuban tampaknya terlalu jauh.

      Hapus
    4. wah kejauhan z mas padahal nd tuban blm ada yg jual varietas lele sangkuriang mas... ok dch mas mkasih infonya.. syukur2 ada cabangnya nanti di tuban hehehehe...

      Hapus
    5. Tuban sudah ada yang punya indukan lele sangkuriang asli dan merupakan murid dari Abah Nasrudin. Tapi mungkin tidak dijual bibitnya.

      Hapus
  97. mas lele saya sdah berumur 1bln ukuran sudah besar, kemarin banyak yang mati badan nya menjadi kuning sdah saya ganti air dan tak ksih obat c6 tpi kok blum sembuh ya tiap hari ada yang mati saya harus gmana mas? mohon info nya mas, terima kasih saya wawan di bangkingan

    BalasHapus
  98. Mas wawan memakai kolam jenis apa dan berapa kepadatan per meter perseginya?

    BalasHapus
  99. saya memakai kolam terpal ukuran 3x3 dan saya isi bibit 1000 ,mulai menebar bibit sampe skarang ada 53ekor yang mati mas, dan saya juga mau tanya untuk penggantian air yang baik berapa hari sekali mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Wawan, ikan lele yang sudah hampir panen, kemudian sakit kuning, banyak terjadi di sentra pembesaran ikan lele dengan padat tebar lumayan tinggi. Saya lihat kepadatan punya Mas wawan normal. Sakit kuning disebabkan karena ada masalah pada liver ikan. Bisa jadi karena keracunan yang sulit dinetralisir liver. Liver bekerja sangat keras. Coba selidiki lagi dua hal yaitu kondisi air dasar dan jenis pakannya. Perlu Mas Wawan ketahui, semakin besar ikan lele, semakin cepat pula kuras kolamnya. Tidak ada patokan penggantian air kolam. Karena itu pantau terus kondisi air, jangan terlambat atau ikan lele bisa keracunan limbah kotorannya sendiri. Saran beberapa master, bisa digunakan Probiotik di pasaran. Hanya saja, akan menambah biaya budidaya.

      Hapus
  100. bisa ngak pakan ikan diantar ke sumatera?

    BalasHapus
  101. salut tuk mak ginah n mas fafan

    BalasHapus
    Balasan
    1. irul gresik mas. saya pingin maen ke lokasi anda. nunggu sekalian sama temen dr lamongan minat juga

      Hapus
    2. Kami tunggu kedatangannya Mas Irul. Siang atau Malam. Tapi jika akan berkunjung hari minggu, mohon konfirmasi dahulu karena kami fokus pada pengantaran dan pengambilan panen mitra lele suramadu.

      Hapus
    3. Smoga karunia sukses juga buat Anda

      Hapus
  102. Mak Ginah dan fafan, saya akan berkunjung ke tempat sampeyan.. mau tanya-tanya terlebih dahulu..
    dan untuk infonya, kalau kolam 3x1x0.7 itu ideal tebar bibitnya berapa??
    makasih ya seblemunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan Mas Taufan, kami tunggu kedatangannya, dan tanya apa saja.

      Hapus
  103. Yth Mbak Ginah dan Fafan.. apakah bisa pembelian paket bibit atau bahkan bermitra dengan anda bilo lokasi saya di Magelang / Klaten ?? mohon informasinya.. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya sih bisa saja, tapi mengingat jarak yang jauh, akan lebih ekonomis jika Anda bermitra dengan kelompok-kelompok peternak lele disekitar Anda. Setahu kami, Solo dan Bantul ada kelompok dengan pola kemitraan juga dan berupaya memajukan kesejahteraan kelompoknya.

      Hapus
  104. Halo.. perkenalkan nama saya Angga di Malang.
    Saya ingin bertanya kalo harga pakan ikan lele pabrikan PT MATAHARI SAKTI PRIMA LP 1 atau di Malang biasa menyebutnya Min 1 harganya berapa per saknya?
    Dan kalo misalnya dikirim ditempat saya dimalang apa bisa?
    Trus minimal ordernya berapa?
    Mohon segera dijawab.
    Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matahari Sakti sudah punya agen di Malang Mas Angga.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  105. klo fengli 1 kemasan 10Kg brp harganya pak? terima kasih

    BalasHapus
  106. PAK ADMIN WILAYAH BOJONEGORO,APA ADA AGENNYA PAK,DAN UNTUK MENDAPATKAN DISKOUN MAINIMAL ODER BERAPA ZAK PAK ?UNTUK PF 1000.LP 1-LP3.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya di Lamongan Pak. Silakan hubungi hunting PT.MS.

      Hapus
  107. mohon informasi alamat agen matahari sakti dan pelet tenggelam merk sinta di malang, makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan hubungi hunting PT.Matahari Sakti.

      Hapus
  108. admin, mohon informasinya,untuk pakan Hi Pro Vite - 781-1 komposisi bahan yang digunakan apa ya?
    terim kasih sblmx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai yang tertera di kemasannya, bahan-bahan Produk 781 ( PT.Central Proteinaprima, Tbk ) antara lain tepung ikan, tepung daging, bungkil kacang kedelai, jagung, pecahan gandum, dedak padi, minyak ikan, Dicalcium Phospate, Vitamin dan Mineral.

      Hapus
  109. Pak, ada distributor pakan untuk daerah lampung gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja ada Pak. Lha tambak udang terbesar sedunia ada di lampung, di Dipasena.

      Hapus