Mohon Maaf, Kemitraan Lele Suramadu sementara ini per 21-02-2013 "Bersifat Tertutup" (Terbatas Mitra-Mitra Lama Terpilih).

Rabu, 21 September 2011

Ketinggian Kolam Lele Ideal

Jika melihat foto-foto yang bersinggungan dengan lele, banyak tampak kolam-kolam yang mempunyai ketinggian 0,5 meter atau 0,75 meter. Sebenarnya kolam yang demikian ini lebih cocok digunakan untuk pembibitan / pendederan lele atau juga untuk pemijahan. Bagi yang berencana terjun pada pembesaran lele, maka ketinggian kolam yang ideal adalah 1,5 meter. Jadi ketinggian air kolam tersebut berkisar 1,25 meter.
Lalu bagaimana jika sudah terlanjur mempunyai kolam dengan ketinggian hanya 1 meter atau kurang? Masih bisa. Hanya saja, populasi yang ditebar menjadi lebih sedikit. Bisa jadi hanya ditebar 50% saja dari jumlah bibit yang seharusnya.
Bila dipikir, dengan mengambil luas bidang / dasar tanah yang sama persis, namun karena berbeda ketinggian kolam 50 cm saja, ternyata menyebabkan populasi lele yang ditebar menjadi jauh berbeda, dan selisih jumlahnya bisa 2 kali lipat.
Bagaimana jika dipaksakan ditebar dengan populasi yang padat? Jawabnya lele masih tetap bisa hidup. Namun ada efek negatifnya, diantaranya, mudah terserang penyakit, timbangan yang kurang bobotnya, masa panen yang mundur, dll.
Jadi harap direncanakan dengan baik akan ketinggian air kolam pembesaran dan ketinggian dinding kolam, sebelum membangun kolam baru.

8 komentar:

  1. nice info.. mksh

    BalasHapus
  2. Kalo kolam yang dibuat terlanjur dibuat dengan ketinggian 1 m dan air yang akan diisi tingginya 75 cm, berarti diisi berapa Bos ? Makasih

    BalasHapus
  3. Luas kolam berapa Mas Hari? Seandainya luas kolam 3m x 3m dan ketinggian air 0,75m berarti bibit yang ditebar adalah 3 x 3 x 0,75 x 100 = 675 ekor bibit lele.

    BalasHapus
  4. Menyediakan Jasa Pembuatan kolam lele pak?

    BalasHapus
  5. jika lebih dari 1,5 M ketinggian airnya, apakah lebih baik atau malah tidak baik? .... klo kolam 10mx1m ketinggian airnya paling baik brpa?

    Mohon Penjelasannya, terima kasih...

    BalasHapus
  6. Jika ketinggian air melebihi 3 meter justru tidak memberi kondisi yang optimal, karena suhu air di dasar menjadi dingin (sementara lele suka yang panas). Selain itu, pertumbuhan plankton juga terbatas, sehubungan dengan semakin rendahnya oksigen dan intensitas sinar matahari.
    Yang juga perlu diperhatikan, misalnya ketinggian air cuma 0,5 meter, tetap akan tidak tercipta lingkungan yang optimal jika kepadatan tebar bibit lele untuk pembesaran melebihi 100 ekor per M3. Karenanya, bibit yang ditebar akan berbeda antara kolam yang ketinggian airnya cuma 0,5 meter dengan kolam yang ketinggian airnya 1 meter.

    BalasHapus