Mohon Maaf, Kemitraan Lele Suramadu sementara ini per 21-02-2013 "Bersifat Tertutup" (Terbatas Mitra-Mitra Lama Terpilih).

Selasa, 13 September 2011

Akuarium Untuk Ternak Pembesaran Lele

Sore tadi, kami mendapat kunjungan tamu yang mempunyai akuarium bekas budidaya tikus hamster. Karena gagal, tamu ini akan merubah hewan ternaknya menjadi ternak lele. Harapannya akuarium yang ada masih bisa dimanfaatkan. Akuarium yang dimilikinya berukuran 100 cm x 50 cm x 30 cm dengan jumlah unit sebanyak 8 buah. Setelah konsultasi sekian lama, kami hanya bisa menjawab aquarium tersebut bisa saja digunakan untuk pembesaran lele, namun dengan jumlah yang direkomendasikan untuk tiap akuariumnya adalah 15 ekor. Jika memiliki 8 aquarium maka jumlah bibit lele yang bisa dibeli adalah sebanyak 120 ekor. Kemudian permasalahan berikutnya adalah masalah pakan. Karena pakan lele pada umumnya adalah dalam kemasan 30 Kg dan ada juga pakan kelas premium / sangat bagus dalam kemasan 10 Kg ( merk F-999 ). Jadinya pakan yang bisa direkomendasikanpun juga yang dalam kemasan kecil yaitu F999.
Pakan yang dipilih ini memang sangat bagus dan bisa untuk pembesaran lele untuk kesenangan / hobi atau terapi, namun bukan untuk budidaya dalam skala usaha di pulau Jawa. Kalau untuk budidaya lele skala usaha diluar Jawa ( Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, Nusa Tenggara ) dengan harga lele perkilonya diatas 25.000, pakan F999 menjadi sangat layak pakai.
Pemilihan wadah akuarium ini juga sebetulnya sangat berguna untuk mereka yang masih belajar budidaya lele atau ternak lele. Karena kemudahan dalam mengamati dan kemudahan untuk memahami perilaku ikan lele itu sendiri.

4 komentar:

  1. kalo udah besar bibit-nya apa masih muat aquariumnya?

    BalasHapus
  2. Muat saja Pak kalo memang untuk lele konsumsi. Lain ceritanya kalo yang diternakkan adalah lele untuk kolam pemancingan.

    BalasHapus
  3. ha ha ha .........................

    BalasHapus