Mohon Maaf, Kemitraan Lele Suramadu sementara ini per 21-02-2013 "Bersifat Tertutup" (Terbatas Mitra-Mitra Lama Terpilih).

Kamis, 08 September 2011

Apabila ada warna bibit lele berbeda dari lainnya

Saat kita lagi asyik-asyiknya mengamati bibit lele yang naik ke permukaan saat diberi pakan, terkadang disana tampak beberapa ekor lele yang warnanya berbeda dari lainnya - biasanya hitam kelam. Hal ini akan membuat kita bertanya-tanya. Ada yang berpendapat: jangan-jangan tercampur dengan bibit lele jenis lain. Ada juga yang mengatakan itu adalah lele lokal / keli kampung. Ada yang berfikiran ini berarti pemijahan atau perkawinan antara lele unggulan dan lele lokal. Malahan ada yang mengatakan itulah asli dari lele afrika yang hitam kelam. Sebelum menjawab, sebaiknya yang harus disadari lagi adalah lele unggulan di Indonesia seperti dumbo, sangkuriang, taiwan, phyton, masamo, f1, atau jenis lainnya, adalah merupakan hasil persilangan dari beberapa macam lele dari berbagai daerah atau negara/benua. Hasil dari pemijahan dari lele unggulan ini pasti sedikit diantaranya adalah muncul lele yang genetiknya sangat dominan dengan genetik dari keturunan awal (yang masih belum dalam wujud lele unggulan). Misalnya lele yang hitam tadi, atau yang patilnya sangat tajam, atau yang tidak bisa cepat besar. Jadi jangan khawatir dengan penampakan lele yang wujudnya berbeda, dan anggap saja lele tersebut merupakan bagian dari lele yang akan gagal dipanen sesuai target (baik target waktu atau kebutuhan pakan).

4 komentar:

  1. mas mohon bantuannya, 2 bulan yang lalu saya tebar benih ukuran 4-5cm sebanyak 3000 ekor, saat ini ukuran lele berkisar antara 20-50gr/ekor..saat lele saya masih kecil semua terlihat normal (menurut pengetahuan saya), baik dari bentuk fisik dan warna, tapi akhir2 ini kenapa penampakan lele saya kok agak aneh ya? jadi di satu kolam ada yang :
    1. motif tubuhnya totol2/doreng (kata orang seperti ini lah bentuk fisik lele dumbo)
    2. sebagian lagi ada yang warnanya hitam kelam dengan bentuk kepala lebih runcing dari penampakan yang pertama (ini mungkin sesuai dengan penjelasan mas diatas)
    3. sebagian yang lain bentuknya normal tapi warna bagian kepala doreng seperti lele lainnya tetapi warna keseluruhan tubuh lebih cerah (atau mungkin lebih tepatnya pucat) dari pada penampakan no.1 terutama dibagian tubuh
    4. penampakan yang terakhir bentuk tubuh normal, tetapi keseluruhan warna tubuh lebih cerah (bahkan ketika diangkat dari air akan terlihat bahwa warna tubuh seolah-olah semu pink), dibagian sirip dan insang terlihat lebih merah dari penampakan no.1

    kira2 hal diatas itu berarti baik atau buruk mas? kemungkinan faktor penyebabnya apa ya? terus kalau lele saya kondisinya seperti itu apa laku kalau dijual?

    maaf ya mas kalau tulisan/bahasa saya agak semrawut, saya baru pertama kali ini memelihara lele, terima kasih sebelumnya & mudah2an bisa secepatnya ditanggapi

    BalasHapus
  2. sedikit tambahan untuk penampakan no.3 ada yang bilang itu kondisi lele yang sedang/akan sakit (tapi hal ini sudah berlangsung sejak 1,5 bulan yang lalu), lalu untuk penampakan no.4 setelah saya browsing akhirnya ketemu informasi didaerah banyuwangi ada ciri-ciranya seperti itu, dan menurut berita tersebut itu ciri2 lele organik (bener apa g ya?)

    sebagai catatan tambahan semua lele masih lincah, tidak ada yang menggantung nafsu makan masih normal, dan tidak ada gejala2 perilaku lele yang sedang sakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru ketahuan ada komentar yang belum terjawab. Mumpung punya banyak waktu luang. Lele hibrid atau persilangan campuran memang akan muncul diantara anaknya dengan tanda sifat, fisik atau warna yang lain dari lainnya. Lele dumbo adalah satu diantara lele hybrid. Kondisi demikian tidak jadi masalah. Yang penting justru kita harus bisa pastikan bibit yang kita dapat berasal dari induk bukan sedarah.
      Sebagai informasi, doreng-doreng berarti lele lagi kaget atau stress. Kaget biasanya karena kolam diobok-obok atau dikuras. Sedangkan warna lele semu pink artinya lele itu dibesarkan di kolam bukan tanah / kubangan. Di Malaysia, lele seperti ini justru harganya lebih tinggi. Lele berwarna pucat, tapi lincah tidak masalah, tapi kalau pucat terus diam dan suka dipinggiran atau pojokan kolam, artinya pembudidaya harus siaga dan cari tahu sebabnya. Lele seperti ini artinya sudah mulai sakit. Terakhir, ada lele dengan kepala agak runcing, atau bungkuk, bengkok dan kelainan fisik lain-lain, atau kepala besar bisa jadi memang kelainan alias tidak normal dari sejak lahirnya. Untuk menghindarinya harus dari induk berkualitas dan dilengkapi surat asal serta dibesarkan dengan menjauhi obat-obatan.

      Hapus
    2. maaf warna doreng itu kayak gimana yaa gan..?

      Hapus