Mohon Maaf, Kemitraan Lele Suramadu sementara ini per 21-02-2013 "Bersifat Tertutup" (Terbatas Mitra-Mitra Lama Terpilih).

Minggu, 04 September 2011

Analisa Gizi Pakan Cacing Sutra Tubifex

Salah satu makanan ikan lele alami adalah cacing sutra atau bahasa Inggris dan latinnya adalah tubifex worm. Bukan cuma lele saja, ikan lain seperti gupy, cupang, sumatra, dan segala ikan hias di air tawar, air asin, dan juga kura kura, semuanya gemar dengan pakan alami ini. Warna cacing ini merah kecoklatan dan bentuknya kecil seperti rambut atau lembut seperti benang. Mungkin karenanya, cacing ini dinamakan cacing sutera. Kenapa tubifex begitu disuka? Konon katanya rasanya manis. Terlepas dari siapa yang pernah mencicipi, ternyata kanduogan nutrisi yang ada pada cacing yang hidup di air ini begitu luar biasa. Berikut analisa nutrisinya: Crude Protein Minimal 52%. Crude Lemak minimal 12%, Crude Serat minimal 2%. Pendapat lain mengatakan kalo cacing sutra ini mengandung protein antara 60% sampai dengan 70%. Bener bener makanan yang sehat dan segar untuk ikan kita. Sayangnya kalau digunakan untuk budidaya ikan pedaging seperti lele, menjadi tidak ekonomis karena harganya terlalu mahal. Entah kalau ternyata kita bisa mengkultur sendiri.









5 komentar:

  1. Ah yang bener, masak rasa cacing manis Mas ?

    BalasHapus
  2. Berarti Mas Eko sudah pernah mencoba? Bagi orang jepang, cacing malah dibikin juice, sedangkan korea cacing disantap dalam bentuk soup.

    BalasHapus
  3. emang belom bisa di budidayakan cacing suera nya mas?

    BalasHapus
  4. @ Mas Eko, cacing tubifex kering dan pelet ikan itu ternyata rasanya bukan manis tapi agak asin (pengorbanan pengalaman pribadi guna menjawab pertanyaan Panjenengan).

    BalasHapus
  5. @ Mas Anang, cacing sutra ( sutera ) memang sudah bisa dibudidayakan. Namun yang pernah saya coba, ternyata butuh luasan lahan yang tidak sedikit, karena cacing ini tidak bisa dibuat populasi tinggi. Saat ini sedang diteliti kemungkinan dibudidayakan cacing sutra tanpa menggunakan air mengalir.

    BalasHapus