Mohon Maaf, Kemitraan Lele Suramadu sementara ini per 21-02-2013 "Bersifat Tertutup" (Terbatas Mitra-Mitra Lama Terpilih).

Sabtu, 10 September 2011

Pakan Lele Hi Pro Vite 781 Turun Harga

Satu minggu terakhir, kami tiga kali membahas harga pakan di situs ini. Kali ini, Pakan Lele Hi Pro Vite 781 Turun Harga seperti berita yang kami posting kemarin. Bukannya apa-apa, tapi memang ini adalah berita yang mengembirakan bagi semua peternak lele. Perlu diketahui, mulai akhir tahun kemarin sampai dengan awal ini, harga 781 produksi PT. Central Proteinaprima Tbk, selalu menaikkan harga secara bertahap. Jarang sekali ada pabrik pakan ternama seperti CPP-Pokphand yang bersedia menurunkan harga. Ada apa sebenarnya? Karena kami merasa ini adalah sesuatu yang janggal. Tidak ada pengurangan bobot dan tidak ada penurunan kualitas. Tidak biasanya bagi sebuah perusahaan swasta yang motif usahanya adalah laba, sukarela menurunkan harga. Ada subsidi harga, katanya. Tapi kami tidak mau menelannya mentah-mentah. Analisis kami yang penuh keterbatasan ini berasumsi ada beberapa faktor. Faktor paling kuat tentu saja adalah persaingan bisnis. Ada kompetitor kuat yang terus merebut market share pakan ternak hi pro vite 781 ini. Faktor kedua adalah mata uang rupiah yang menguat dan anteng di kisaran delapan ribuan rupiah terhadap US Dolar, yang menyebabkan impor tepung ikan jadi lebih murah. Atau bisa jadi faktor ketiga adalah bahan-bahan pembuat pakan ikan lagi turun harga. Sebenarnya bukan cuma turun harganya yang menggembirakan bagi kami. Tapi setidaknya adanya pikiran, bahwa ada pasar oligopoli dengan membuat kesepakatan harga antar sesama pabrik pakan, menjadi tidak berdasar jika melihat kenyataan terakhir ini. Itu yang lebih menggembirakan menurut saya pribadi. Persaingan usaha yang sehat dan terbuka akan memberikan keuntungan bagi pelanggannya dan juga pelaku usaha itu sendiri. Kalau begitu, siapa sebenarnya kompetitor utama pakan lele bermerk hi pro vite 781 ini? Siapa lagi kalau bukan Prima Feed LP - produk dari PT. Matahari Sakti. Sayangnya PF - LP ini tidak ikutan turun harga. Kepada Matahari Sakti, kami masih sabar menunggu berita bagus. Kepada CPP, kami mengusulkan agar 781 daripada turun harga yang tidak seberapa, mendingan kandungan proteinnya ditingkatkan up > 33 % dan Kadar seratnya diturunkan jadi maksimal 4%, supaya lele kami bisa cepat gemuk dan tidak perlu lagi memakai tambahan probiotik lactobacillus.

Harga Pakan Ikan Suramadu Oktober 2012-klik disini

18 komentar:

  1. Paling sebentar lagi, matahari juga ikutan turun harga, kalo mau masih kepengen laku

    BalasHapus
  2. Kita tunggu saja Pak Eko. harapannya makin turun harga tidak menjadikan lele juga harus turun harga karena over suplai.

    BalasHapus
  3. Pak, boleh gabung forum ini? saya dari Pontianak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Adhmi dari kota katulistiwa, ada yang bisa kami bantu Pak ?

      Hapus
  4. mas bro saya mau nanya harga pakan 781-1,781-2,781-3 sampai nganjuk berapa??????

    BalasHapus
  5. saya cari pelet F 999 untuk lele mohon bantuannya daerah sidoarjo hub.91138443

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak sekali yang jual FF-999 di Sidoarjo, Mas. COba lihat disekitar sampean adakah toko yang jual pakan ternak.

      Hapus
  6. Mas, utk lele yg sudah mendekati panen, apa 781-3 cocok? soalnya kan ini lebih murah.. he he .. makasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok mas. Kalo racikan pabrik besar dengan nama besar semacam CPP bisa dijamin mutu dan khasiatnya.

      Hapus
  7. mas bro kalau sampai cirebon, ongkir berapa ????

    BalasHapus
  8. Pa, bisa kirim ke flores, labuan bajo? Saya butuh satu box bibit lele sekitar 4000 ekor ukuran 5-7. Ada bandara di tempat saya. Ini no hp saya 081282774363

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penjualan kami hanya terbatas pada mitra lama. Barangkali ada pembaca yang berminat bisnis dengan Bang Joe.

      Hapus
  9. Saya pernah coba bibit dr Jogja pa, tdk bertahan,. Gmn persiapan kolam sblm penebaran benih. Saya punya kelompok 30 org tp tuk percontohan, ujicoba satu box untuk dlu untuk 10 org. Mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Butuh penyesuaian yang tinggi karena kondisi air dan alam di Jawa dengan di Nusa Tenggara agak berbeda. Belum lagi selama perjalanan, bibit lele dikondisikan dalam keadaan sangat dingin dan stress berat. Jadi wajar jika tingkat kematiannya tinggi jika ditangani oleh pemula. Persiapan kolam yang baik adalah pemupukan 10 hari sebelum bibit ditebar.

      Hapus
    2. Terima kasih tuk informasinya pa. Saya sangat apresiasi dengan wkt yg bapa luangkan tuk membalas pertanyaan saya dkk di group ini. GBU

      Hapus
    3. Smoga bermanfaat Bang Joe

      Hapus