Mohon Maaf, Kemitraan Lele Suramadu sementara ini per 21-02-2013 "Bersifat Tertutup" (Terbatas Mitra-Mitra Lama Terpilih).

Jumat, 05 Oktober 2012

Pakan Alami Untuk Pembesaran Lele Konsumsi

ganggang hijau biru
Kedudukan pakan alami adalah sebagai nutrisi tambahan didalam budidaya ternak lele pembesaran. Pakan alami bisa berkedudukan sebagai pakan utama dalam proses pembibitan ikan. Jika kita konsentrasi di pembesaran lele untuk menghasilkan produk panen berupa lele konsumsi, sebenarnya pakan alami jenis tertentu bisa dirubah dari sebagai nutrisi tambahan menjadi sebagai pakan tambahan. 
Seperti disebutkan dalam tulisan pakan alami sebelumnya di situs "lele suramadu", salah satu sumber pakan alami adalah berasal dari ganggang. Jika kita menginginkan adanya pakan tambahan yang bernutrisi, kita bisa memanfaatkan ganggang hijau biru. Istilah latinnya adalah Anabaena Azollae. Ganggang ini mampu mengikat nitrogen dari udara dalam porsi besar. Dalam  hidupnya, ganggang tersebut bersimbiosis dengan tanaman Azolla. Dari hasil simbiosis keduanya inilah yang menjadikan tanaman azolla ini bisa mempunyai kandungan protein yang luar biasa tinggi. Karena kandungan protein tinggi inilah, akhirnya "lele suramadu" bisa berhipotesis bahwa azolla yang bercampur ganggang hijau biru bisa dijadikan pakan tambahan untuk diberikan kepada ikan ternak kita dikolam.  Pakan tambahan ini untuk melengkapi pakan utama ternak lele pembesaran berupa pelet bernutrisi standar. http://www.lelesurabayamadura.blogspot.com

22 komentar:

  1. Waaahhh... lele nya kumisan semua ya... ih! geliiii hihihihi..

    BalasHapus
  2. Lentiknya kumis lele menandakan kesehatannya

    BalasHapus
  3. Kalo pakai pakan alami buat lele jauh lebih sehat untuk dikonsumsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakan alami adalah pakan paling bagus, hanya saja alam sangat terbatas sekali kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan lele yang begitu banyak demi kepentingan pangan manusia.

      Hapus
  4. kalau untuk membesarkan yang lain bisa gak ya??> ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Azolla lengkap dengan alga hijau biru bisa juga dibuat konsumsi ikan gurami

      Hapus
  5. oh berarti gemuknya dari nutrisi ganggang hijau biru. jadi semakin kolamnya keruh karena ganggang, makin gemuk si Lele.

    BalasHapus
    Balasan
    1. algabloom adalah phytoplankton yang tumbuh terlalu besar. Tandanya banyak lumut keruh hijau di permukaan kolam. Kondisi yang demikian justru malah tidak baik, karena kondisi air jadi minim oksigen di malam hari dan limbah amoniak yang terlalu besar di dasar kolam. Lele yang hidup didalamnya pun bisa jadi tidak nyaman.

      Hapus
  6. pantesan saja, klo lele dimasukan sumur, yang besar cuman kepalanya doank.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Met Milad ke-100 ( satu abad) buat Muhammadiyah

      Hapus
  7. hello,
    certainly very interesting seeing the pics,but unfortunately I do not undertand you language.
    Have a nice day.
    Juan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Have a nice weekend Juan. Thanks for your visiting. Sorry we use only bahasa Indonesia.

      Hapus
  8. thanks Mas Ardi, sering-sering berkunjung disini ya! :)

    BalasHapus
  9. Kalau untuk konsumsi memang lebih baik diberi makan pelet atau makanan alami berupa ganggang.Di daerah saya ada peternak alami sehingga memelihara lele di empang sekalian untuk nongrong dengan alasan menghemat biaya.:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Metode ternak lele itu banyak sekali Mas Basit. Pasti bingung memilihnya jika kita tahu semuanya. Makanya kami tidak memberikan kalkulasi laba, tidak ada yang standar, karena semuanya sangat tergantung dari peternak itu sendiri. Ada yang bisa laba 100%, tapi ada yang rugi 50%. Cara terbaik adalah terlebih dahulu analisa diri dan analisa daya dukung lingkungan sekitar, baru kemudian pilih metode ternaknya. Yang bisa kami bantu adalah menyediakan bibit lele berkualitas dan bergaransi, membantu pemasaran panen, serta jika memilih pemberian pakan dengan pakan pabrik, kami sediakan dengan harga jual sangat murah. Jika jam terbang sudah tinggi, kita akan tahu, yang sekilas itu hemat ternyata itu bukan mengiritkan ongkos. Yang penting para pembaca sekalian, kalo rugi 100% tidaklah, kecuali kalo ditipu seseorang atau ketipu investasi bodong.

      Hapus
  10. hari ini aq goreng lele jadi hijau swmua. apapenyebabnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba periksa dahulu kondisi garam yodium dan minyak gorengnya?

      Hapus
  11. SEDIA AZOLLA,
    Sebagai pakan ternak alternatif ayam, lele, dll. juga pupuk untuk sawah dan ladang...
    Harga = Rp. 20.000 per paket isi 500gr (belum Bea Kirim)
    Siap kirim seluruh Indonesia dan siap COD daerah MADIUN dan SEKITARNYA...
    Garansi hidup 1 bulan...
    Minat serius? HUB 08993348711
    Ayo Hijaukan INDONESIA dengan pakan ORGANIK...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Azolla punya kandungan protein yang tinggi. Juga menyerap Nitrogen langsung dari udara. Bagus juga buat pupuk organik.

      Hapus
  12. kalau membeli bibit azolla di sekitar kota Surabaya rekomedasi alamatnya ada gak ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung saja Ke tempat kami. Jika tersedia akan kami beri gratis. :)

      Hapus
  13. Cara Budidaya Ayam Petelur sangat mudah dan sederhana, walaupun mudah dan sederhana semua ada tahap untuk budidaya ayam layer. Maka dari itu kunjungi situs artikel ayam kami di https://tajenonline.live

    BalasHapus