Mohon Maaf, Kemitraan Lele Suramadu sementara ini per 21-02-2013 "Bersifat Tertutup" (Terbatas Mitra-Mitra Lama Terpilih).

Selasa, 04 Oktober 2011

Sortir Lele Saat Panen

Setelah semua lele diangkat dari kolam kedalam bak penampungan sementara, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah seleksi dengan penyortiran atau grading ikan lele berdasarkan ukurannya. Ada tiga kategori yaitu:

1. lele bronggol / lele buaya / bongsor / longgoran yaitu lele dengan ukuran 1-5 ekor / kg
2. lele daging / lele konsumsi
3. lele sangkal / lele kuntet / krucilan / kerdil yaitu lele dengan ukuran belum layak jual

Apabila tidak dilakukan penyortiran, biasanya pengepul akan memberikan harga murah jauh di bawah harga pasaran.
Cara menyortir adalah dengan menggunakan tangan. Tidak perlu takut dengan patilnya, karena lele sangkuriang tidak mengandung patil yang tajam dan beracun.

Untuk lele sangkal, perlu 2 minggu lagi untuk membesarkannya. Untuk lele buaya biasanya untuk pemancingan, tapi sangat jarang ditemukan karena masa budidaya lele sangkuriang yang terlalu singkat.

13 komentar:

  1. Kapan kita harus menyortirnya Bos?

    BalasHapus
  2. Sortir saat panen saja Pak. Asalkan pakannya teratur, selisih antara yang besar dan kecil tidak begitu jauh. Bahkan bisa tidak perlu sortir lagi.

    BalasHapus
  3. hebat.. saya jadi malu megang ikan aja gak berani apalagi lele

    BalasHapus
  4. Tidak usah malu-malu Mas MRD. :) Semuanya juga demikian. Bahkan banyak diantara pelanggan-pelanggan kami, masih salah dengan beranggapan lele sangkuriang itu berbisa di patil sirip-nya. Jadinya sampai panen-pun tidak pernah menyentuh sama sekali ikan peliharaan-nya sendiri.
    Untuk yang pelanggan yang demikian, kita akan tawari benih lele ukuran 12, dan saat panen kita sendiri yang akan terjun ke kolam. Jadi pelanggan tersebut hanya jadi penonton saja tanpa perlu berbasah-basah dan setelah ditimbang, kita langsung bayar secara cash.

    BalasHapus
  5. Mas Fafan, kok komen & tanya saya kmarin hilang dr page ini? pdhal saya nunggu jawabnya lho. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan yang mana ya?! Soalnya tidak ada pertanyaan yang dihapus. Coba baca page-page yang lain. Soalnya disana banyak sekali pertanyaan Mas Shar Darminto.

      Hapus
  6. apa jual indukan lele sangkuriang ya mas?

    BalasHapus

  7. siang mas sya bambang, kalau mau beli lele sangkuriang ukuran 5-7 dikirim ke blitar minimal berapa ekor yah mas ?,

    makasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Pak Bambang, sementara ini stok bibit masih habis.

      Hapus
  8. Mas, mau tanya. Saya sudah dua kali pelihara lele tapi selalu rugi karena kendala kuntet. Pemberian pakan juga teratur, 4x sehari dan pemberian vitamin jg tdk telat. Sebenarnya apa sih penyebab lele kuntet dan bagaimana pencegahan agar lele tidak kuntet? Terimakasih atas jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan bagus Mas Deaska. Sebelumnya saya tidak mengetahui, apakah yang kuntet itu semua lele atau hanya sebagian kecil saja.
      Untuk kasus kuntet yang sebagian, yang perlu diketahui, disemua pembudidaya pembesaran atau pembehan ikan lele, pasti akan menemukan sebagian kecil ikan lele berukuran kuntet. Lha wong dari telur saja, yang dikeluarkan dari induk dengan waktu berbarengan, ternyata menetasnya tidak berbarengan. Juga akan ditemui ikan lele yang pertumbuhannya cepat melebihi saudara-saudaranya. Juga bisa karena perilaku dan mental ikan tersebut. Perilaku ikan itu tidaklah sama. Ada yang agresif, dan brutal dalam berebut pakan, namun ada yang suka mengalah. Juga ada yang kanibal memakan saudara sendiri. Ikan yang demikian akan cepat besar. Bisa pula untuk beberapa ikan yang pernah sakit, tentunya pertumbuhan akan lebih lambat. Faktor genetik, tempat budidaya juga menentukan. Dan yang penting juga faktor pemerataan pemberian pakan. Masih banyak lagi deh.
      Namun jika yang kuntet itu hampir keseluruhan, jika saya lihat frekuensi sudah oke, coba periksa kualitas nutrisi pakan atau kuantitas pakan untuk satu kali waktu pemberian. Kuantitas pakan akan berubah seiring besarnya tubuh ikan. Juga periksa sejarah bibit lele yang Mas Deaska beli. Apakah bibit tersebut adalah kualitas super atau apkir.

      Hapus
  9. bos tempat beli grosir ember sortir benihnya di mana bos ???

    BalasHapus