Mohon Maaf, Kemitraan Lele Suramadu sementara ini per 21-02-2013 "Bersifat Tertutup" (Terbatas Mitra-Mitra Lama Terpilih).

Kamis, 06 Oktober 2011

Kotoran Kambing Dan Kotoran Ayam

Dalam pemupukan kolam, yang diperlukan dalam jumlah memadai adalah oksigen dan bahan organik. Bahan organik biasanya berupa kotoran atau feses. Sebagian pihak lebih menyukai kotoran dari hewan ruminansia seperti kambing dan domba. Sedangkan sebagian justru menyukai kotoran ayam atau unggas. Lalu leih unggul mana? Kalau kotoran kambing menurut saya pribadi mempunyai kandungan protein paling tinggi (dari literatur) dibandingkan jenis kotoran dari binatan lain. Selain itu para peternak kambing sangat jarang menggunakan obat-obatan kimia. Dekomposisi kotoran kambing juga berlangsung cepat namun panas. Sedangkan pada kotoran ayam, jelas sangat dimungkinkan terkontaminasi obat-obatan kimia. Namun demikian, kotoran ayam mengandung kadar hara P yang tinggi. Sayangnya, dekomposisi kotoran ayam sangat lambat, namun berlangsung dingin. Oleh karenanya, silakan memilih. Namun yang perlu jadi perhatian, jangan melakukan pemupukan dengan kotoran kambing saat kolam ada ikannya, karena bisa berakibat kematian akibat panas yang berlebih.

17 komentar:

  1. Bagaimana dengan pemupukan dengan kotoran ayam dan unggas saat kolam ada ikannya meskipun dekomposisi berlangsung dingin?

    BalasHapus
  2. @ Mas DZakizakiamali yang sudah ekspert di pembudiayaan lele konsumsi, Kalau kotoran ayam yang sudah difermentasi, jelas aman. Namun, untuk kotoran ayam yang masih basah dan hangat, apalagi dengan sistem longyam ( kandang ayam diatas kolam lele ), bisa dirasa aman sepanjang tidak berlebihan dan besarnya kandang ayam tidak melebihi atau menyamai luasan kolam lele.

    BalasHapus
  3. tulisan ilmu yang sangat bagus, saya coba mengikuti semua postingan....sangat berminat..hanya mulai dari mana dulu saya harus memulai....sedikit lokasi gambaran lokasi saya, ketinggian 700 dpl,air sangat melimpah,air berasal dari sungai gunung,....apakah memungkinkan untuk mencoba beternak lele pak? suwun suwun @salam

    BalasHapus
  4. Terimakasih Mas Saktipaijo. Jika Mas Sakti masih bingung, saran nih, mulailah sekarang ! dan melangkah dengan langkah sedikit. Pembesaran lele untuk ketinggian tempat diatas 700 dpl, dan suhu yang lebih rendah, maka akan terjadi kemunduran jadwal panen yang berkisar antara 5-15 hari dari seharusnya.

    BalasHapus
  5. Bila masih kekurangan bibit, kami siap berbagi gan, karena kapasitas kami overload
    Kami sediakan bibit yang berkualitas dan murah
    ada masamo, paiton, sangkuriang dengan indukan yang bersertifikat.

    hub kami 083866783000, 085227659191

    siap antar jawa dan luar jawa

    BalasHapus
  6. @ Mas Madarobi, kita memang terkendala keterbatasan produksi, namun lebih baik demikian, yang terpenting kualitas terjaga daripada kejar kuantitas tapi kualitas menurun.

    BalasHapus
  7. SOC (Suplemen Organik Cair) adalah Nutrisi Bio Organic yang dikembangkan oleh PT HCS yang banyak manfaatnya. Antara lain :
    Menyehatkan ternak/ikan.
    Mengurangi biaya produksi dan pemeliharaan
    Mengurangi stress dan menambah daya tahan terhadap penyakit
    Meningkatkan Antibodi pada ternak/ikan
    Menyeimbangkan microorganisme di dalam rumen hewan dan meningkatkan nafsu makan
    Mempercepat pertumbuhan ternak/ikan
    Meningkatkan kesuburan dan meningkatkan produksi daging
    Mengurangi angka kematian.
    Mempertinggi kwalitas pada telur ternak/ikan.
    Selengkapnya kunjungi HCS CLUB SUKSES di atas.

    BalasHapus
  8. Mak menarik artikelnya. Saya lagi set up kolam lele di jombang. Pake terpal saja. Rencana dasarnya tak kasih kotoran ayam saja. Lagi ngumpulin. Difermentasi dalam air saja 1-1.5 bulan baru dikasih lele. Kan kotoran ayam disekitar rumah melimpah, kan lumayan kalo dimanfaatin dp dibuang saja. Makasih ada tempat belajar juga nih.

    BalasHapus
  9. Terimakasih buat Pak TEkoP yang telah berkunjung ke blog kami. Luar biasa pengalaman-pengalaman Bapak yang dituangkan di sekolah kehidupan Bapak, sangat edukatif. Banyak yang akan kami coba.

    BalasHapus
  10. Situ bisa suplay lele kosumsi gak? Ane cuma butuh 50kg/hari rutin

    BalasHapus
  11. Maaf Pak, kita kebetulan belum punya stok lele konsumsi berlebih. Barangkali temen-temen disini ada yang mau ambil kesempatan diatas.

    BalasHapus
  12. SETELAH SAYA MELIHAT DAN MEMBACA BLOG ANDA SAYA JADI TERTARIK UNTUK MENCOBA BETERNAK LELE...APAKAH BEDA LELE KONSUMSI DENGAN LELE BUAYA ATAU SANGKURIANG MOHON PENJELANX TERIMA KASIH MAS !!KLO BISA TLONG EMAILKN JUGA KEY KEY EMAIL SAYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam setiap budidaya, ada kalanya beberapa ekor lele yang pertumbuhannya luar biasa. Itulah yang namanya lele buaya.

      Hapus
  13. mak, mohon pencerahannya...

    saya punya kolam 6x5m itu kebesaran gak mak buat budidaya ikan lele..

    makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak juga. Kolam tersebut bisa di tebar atau diisi bibit lele sebanyak 3000 ekor.

      Hapus