Mohon Maaf, Kemitraan Lele Suramadu sementara ini per 21-02-2013 "Bersifat Tertutup" (Terbatas Mitra-Mitra Lama Terpilih).

Jumat, 07 Oktober 2011

Pemupukan Saat Kolam Masih Berpenghuni

Pemupukan pada umumnya dilakukan sebelum penebaran benih ( awal masa budidaya ). Jadi frekuensinya cuma satu kali saja hingga masa panen. Yang jadi pertanyaan, mengapa saat kolam masih ada penghuni berupa ikan, kolam tersebut tidak perlu lagi dipupuk ? Jawabannya adalah kolam tersebut secara otomatis sudah terjadi pemupukan, yaitu dari bahan kotoran lele itu sendiri. Jadi dalam kadar dan jumlah tertentu serta didukung bakteri-bakteri pengurai yang memadai, kotoran atau feses lele ini sendiri akan terurai dengan sendirinya dan kemudian menjadi pupuk dan memberi kesuburan bagi air kolam. Kotoran lele merupakan limbah organik yang biodegradable karena merupakan bahan yang mudah sekali diuraikan oleh mikroorganisme. Sayangnya, plankton yang tumbuh dan lahir dari air yang subur ini tidak cukup jumlahnya sebagai pakan satu-satunya untuk membesarkan lele. Jadi lele pembesaran perlu pakan lebih banyak lagi, dan ini bisa didapat dari pakan alternatif ataupun pakan pelet pabrik.

4 komentar:

  1. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses

    BalasHapus
  2. Mohon informasinya, dalam pembudidayaan yang diterapkan dalam kolam Anda menggunakan bakteri pengurai merk apa? Semoga Anda tidak keberatan memberi informasi tsb. Amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami memang menggunakan probiotik dngg bakteri baik. Kita mengembangkan sendiri probiotik dimaksud, tidak memakai merk tertentu, dan membagikannya secara cuma cuma kepada para mitra mitra kami.

      Hapus