Mohon Maaf, Kemitraan Lele Suramadu sementara ini per 21-02-2013 "Bersifat Tertutup" (Terbatas Mitra-Mitra Lama Terpilih).

Minggu, 28 Agustus 2011

Pakan Lele Yang Dijual Eceran

Banyak sekali pelaku budidaya lele yang membeli pakan untuk ternaknya dengan membeli secara eceran di toko terdekat. Membeli dengan eceran atau partai kecil juga bisa dikarenakan dana yang terbatas. Pertimbangan lainnya, disebabkan mudah membawanya. Diantara kemudahan kemudahan tersebut, apakah juga mendatangkan kemudahan menggapai keberhasilan panen budidaya? Ternyata para pembudidaya ini sebagian besar tidak mencapai target panen yang memuaskan. Dari banyak diskusi, penulis hanya bisa berkesimpulan pakan ikan yang eceran ini kualitasnya tidak sesuai dengan kebutuhan nutrisi lele itu sendiri. Apalagi ada banyak pakan eceran yang bisa dibeli dalam ukuran 1 kg dengan harga jauh lebih murah daripada pakan khusus lele keluaran pabrik. Disisi lain, Pabrik pakan tidak pernah mengeluarkan produk pakan lele dengan kemasan satu kiloan. Pembudidaya ikan lele pedaging pun juga merekomendasikan memakai pakan dengan merk yang sudah dikenal dan membeli dalam kemasan yang masih tersegel dan belum pernah dibuka. Mengingat belum ada penelitian atas kandungan gizi pakan yang dijual secara eceran ini, dan jika kondisi keuangan memungkinkan, baiknya saran dari pembudidaya lele pedaging yang udah berhasil ini kita ikuti saja.







2 komentar:

  1. O begitu ya.Lalu utk idealnya brp pelet(dlm kg)yg dibutuhkan utk pembesaran 10.000 ekor lele?Trm ksh

    BalasHapus
  2. Tiap pembudidaya mempunyai prestasi yang berbeda Pak untuk kebutuhan pakan sampai panen. Ada yang FCR 0,5; ada yang 0,6; ada 0,7; 0,8; 0,9; 1,0. Kalau FCR lebih dari 1 jelas ada kerugian.

    BalasHapus