Mohon Maaf, Kemitraan Lele Suramadu sementara ini per 21-02-2013 "Bersifat Tertutup" (Terbatas Mitra-Mitra Lama Terpilih).

Senin, 01 Agustus 2011

Kelebihan & Kekurangan Pelet Lele Hi Pro Vite 781

Pakan untuk ikan lele - produksi pabrikan PT. Central Proteina Prima ( CPP / Pokphand Group ) - ini dikenal dengan nama merk Hi Pro Vite protein 781. Pelet ini adalah penguasa pasar untuk kategori pakan apung. Kompetitor utama dengan kualitas yang tidak kalah bagusnya datang dari PT. Matahari Sakti ( MS ) dengan produk merk Prima Feed PF LP. Lalu apa yang menjadi keunggulan dari pakan atau pelet 781 ini? Bagi sebagian peternak lele menceritakan bahwa pelet 781 mempunyai keunggulan tidak banyak mengembang banyak saat basah. Selain itu aroma amis yang menempel cukup menyengat dan sangat disukai lele yang dipelihara. Bagaimana dengan kandungan gizinya? Disebutkan pada label kemasan, tertera kandungan protein berkisar antara 31-31% dan kadar serat maksimal (fiber content) maksimal 5%. Apabila dibandingkan dengan nutrisi dari pakan merk LP, ternyata 781 ini kalah tinggi dalam hal kandungan proteinnya. Disebutkan di label LP, kandungan protein minimal 33%. Kemudian yang menjadi pertanyaan, apakah perbedaan kandungan gizi yang tidak seberapa ini berpengaruh besar terhadap kecepatan pertumbuhan lele? Bagi sebagian peternak, menjawab iya. Tapi setelah saya tanyakan pada pegawai BBPBAT, perbedaan merk keduanya tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Kalo bagi penulis sendiri, meski kedua merk ini menetapkan harga yang hampir sama, namun pakan dengan kandungan protein tertinggi adalah yang terbaik. Tapi tetap berharap pada produsennya agar bisa menurunkan 1 % lagi kandungan seratnya sehingga maksimal cuma 4%. Syukur-syukur kalo harganya juga diturunkan.

10 komentar:

  1. kasih perbedaan lebih signifikan

    BalasHapus
  2. Untuk lebih jelasnya bisa menanyakan pada Kementerian Kelautan Dan Perikanan yang merupakan badan regulator pemberi ijin edar dengan dukungan laboratorium yang lengkap.

    BalasHapus
  3. Maksud dia itu bos, kalau buat info yang jelas & lengkap. Itu kelebihannya aja, mana kekurangannya? Misal buat paragraf kelebihan & kekurangan, jadi g bingung. Malah jawab begitu! Kayak g terima aja langsung disuruh nanya ke KKP.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, penasaran sekali ini Mas Adi. Begini Mas, ada etika dagang yang memang harus dijunjung tinggi oleh sesama pemain aquakultur atau bisnis dibidang lainnya. Posting diatas adalah perbandingan kandungan berdasarkan apa yang tertera di label kemasan dari kedua merk pakan. Dalam hal ini berarti boleh dipublikasikan kepada umum. Namun jika minta lebih mendalam tentang perbedaan keduanya, seperti yang diminta Mas Ivan, tentunya butuh hasil uji lab.
      Sementara, pihak yang punya hasil uji lab dan sekaligus punya wewenang mempublikasikan kepada umum demi kepentingan umum adalah pemerintah/KKP. Bukan kami yang sesama pelaku swasta.

      Hapus
  4. peletnya basinya berapa lama ya itu?

    BalasHapus
  5. Lihat di label, ada tanggak berupa stempel

    BalasHapus
  6. Pernah bandingin lgsung ga mas? Misal dari awal tebar kolam 1 pake produk pokphand kolam 2 pakai produk ms ? Makash bnyak

    BalasHapus
  7. Judul artikel sama isi gak nyambung

    BalasHapus