Mohon Maaf, Kemitraan Lele Suramadu sementara ini per 21-02-2013 "Bersifat Tertutup" (Terbatas Mitra-Mitra Lama Terpilih).

Rabu, 10 Agustus 2011

Kolam Lele Di Rumah Menteri Sekretaris Negara

Lahan sempit di kediaman Menteri Sekretaris Negara, Jenderal Sudi Silalahi, benar-benar telah diberdayagunakan secara maksimal untuk berternak lele dan berkebun sayur. Meskipun tidak mempunyai banyak waktu luang, beliau masih bisa menyempatkan diri mengelola peliharaannya. Pria 62 tahun yang masih tampak bugar tersebut mempunyai kolam beton yang menempel di dinding pagar, dengan panjang 8 meter dan lebar 60 cm. Di kolam ini ada 500 ekor ikan lele. Dan ketika Ibu Sri Rahayu, istri Pak Menteri, menebar pakan, tampak ratusan lele seukuran telunjuk menyibak kiambang dan berebut pakan sehingga menimbulkan bunyi kecipak-kecipak. Sangat menyenangkan memandang atraksi lele memakan pelet pakan tersebut. Kolam serupa juga ada di rumah Pak Menteri yang lain di daerah Pondokgede, Bekasi. Setelah besar, sekilo terdiri atas 5 ekor, Pak Menteri memindahkan lele-lele tersebut ke kolam yang lebih besar di depan rumah dan sebagian dikonsumsi sendiri. Singkat kata, di rumah yang tidak menyisakan lahan yang seberapa luas, ayah 3 anak itu mengembangkan pertanian dan perikanan terpadu. Hampir tidak ada lahan yang dibiarkan tersisa, pun tanah disisi saluran air dipinggir jalan. Bahkan, diatas dinding kolam pun, Pak Menteri meletakkan talang sebagai lokasi budidaya sayuran. Tidak heran, dengan mengkonsumsi tanaman dan ikan yang dibudidayakan secara organik sejak lama, Pak Sudi dan Ibu tampil sehat bugar selalu. (sumber: Liputan kunjungan Trubus tanggal 15 Juli 2011).

2 komentar:

  1. Jenderal yang beramah dan bersahabat dengan alam, karena mau bercocok tanam dan berternak sendiri. Padahal repot.

    BalasHapus
  2. Pasukan Angkatan Bersenjata seperti TNI itu kudu siap dan mampu bertahan dalam situasi bagaimanapun buruknya. Makanya budidaya apapun juga harus bisa. Seandainya ada kekacauan di suatu daerah, saya kira TNI yang paling tidak stress karena mentalnya sudah disiapkan sebelumnya.

    BalasHapus