Mohon Maaf, Kemitraan Lele Suramadu sementara ini per 21-02-2013 "Bersifat Tertutup" (Terbatas Mitra-Mitra Lama Terpilih).

Jumat, 29 Juli 2011

Lele Menggantung Di Permukaan Air

Jika ditemukan ada lele yang menggantung atau hormat dipermukaan air kolam, segera ambil tindakan dan cari tahu sebabnya. Ada beberapa sebab sehingga lele harus selalu berada di permukaan kolam.
Indikasi pertama dikarenakan kondisi air kolam yang sudah buruk untuk media hidup lele. Rusaknya kondisi air kolam bisa karena kadar amoniak yang sudah tinggi akibat kotoran / feses ikan dan sisa pakan yang tidak terurai di dasar kolam. Bisa juga karena perubahan PH yang terlalu drastis dan lele kesulitan untuk melakukan penyesuaian. Untuk itu ambil tindakan dengan melakukan pengurasan kolam dengan penuh perhitungan agar kadar keasaman air kolam tidak bertubulensi.
Indikasi lainnya adalah lele yang ada dipermukaan tersebut sedang terserang penyakit. Lele yang sakit biasanya akan keluar lendir secara berlebihan sebagai bentuk perlawanan tubuh terhadap serangan dari luar. Akibatnya bobot lele jadi lebih berat. Untuk mengimbanginya, maka gelembung udara yang ada ditubuh lele akan membesar. Namun karena kehilangan kontrol tubuh dari imbas serangan penyakit, yang terjadi gelembung tersebut justru terisi penuh melebihi kebutuhan. Akibatnya lele justru melayang keatas dan menggantung dipermukaan. Serangan penyakit yang menyerang bagian insang, juga mengakibatkan ikan lele kesulitan bernafas. Oleh karenanya lele akan mengambil oksigen langsung dari udara diatas .
Jika lele cuma menggantung pada saat malam hari, bisa jadi karena kadar oksigen air pada malam hari sedang rendah, atau suhu air bagian bawah atau dasar kolam yang terlalu dingin. Penyebabnya biasanya karena plankton yang terlalu padat. Plankton (jenis fitoplankton)saat malam hari justru membutuhkan oksigen dalam porsi yang besar.

90 komentar:

  1. Mohon info, bagaimana cara penanganan dan cara pengobatan kalau terlanjut banyak yang menggantung (perut kembung, bengkak, merah, berputra-putar, miring dan banyak yang mati)

    BalasHapus
  2. Salam Pak Hariono. Bingung mau menjawabnya karena Bapak Hariono ini lagi merendah :) Kita justru dapat ilmu banyak dari Bapak, terutama ramuan organiknya. Sharing ilmu dari Bapak masih saya simpan rapi.

    BalasHapus
  3. ass.. wr..wb
    saya mau tanya, kalau ditemukan hanya beberapa lele yg menggantung -+ sekitar 8 ekor, itu pertamda apa pak ya?? dan keesokan harinya ikan yg menggantung mati.

    BalasHapus
  4. Lele tersebut sakit Pak Ara. Segera isolasi jika ditemukan lele yang demikian agar tidak menular kepada yang lain.

    BalasHapus
  5. Mohon info, bagaimana cara penanganan dan cara pengobatan kalau terlanjut banyak yang menggantung (perut kembung, bengkak, merah, berputra-putar, miring dan banyak yang mati)

    BalasHapus
  6. @ Mas Abi, pisahkan bibit yang sakit tersebut dan jangan dicampur dengan yang sehat. Masalah pengobatan, daripada buang biaya yang mahal dan belum tentu sembuh, mending menjaga yang sehat diupayakan jangan sampai sakit dengan bahan2 herbal, dan lebih aman lagi jika bibit yang ditebar adalah bibit lele unggul.

    BalasHapus
  7. mohon info;kalau lele berdiri tegak didasar kolam.kenapa pak?dan juga bibit lele diam didasar kolam dengan miring tapi masih hidup pak.tu sakit ato ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya jika lele didasar kolam dalam posisi tegak keatas ataupun posisi miring adalah normal-normal saja. Hal ini tergantung pada posisi gelembung udara yang ditempatkan oleh lele itu sendiri. Namun kita perlu waspada jika lele itu sangat lemah gerakannya dibandingkan teman-temannya, atau juga warna tubuhnya berbeda dari lainnya, misalnya kuning, pucat, merah, atau putih kapas.

      Hapus
  8. mohon penjelasan.... mas kalau menggantungnya cuma malam hari apa harus di ganti semua airnya... jika benih masih terlalu kecil kan agak sulit untuk menggantinya... apa mas punya solusi lain untuk masalah ini..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikan menggantung saat malam hari saja. Artinya ada yang salah dengan airnya saat malam. Bisa jadi karena plankton / plangton nabati saat malam sudah tidak berfotosintesis lagi dan tidak memproduksi oksigen lagi. Atau bisa jadi terdapat mikroorganisme yang aktif pada malam saja. Akhirnya pada malam hari kondisi kandungan oksigen pada air kolam menjadi minim dan semua makhluk yang tinggal didalamnya menjadi berlomba memperebutkan oksigen. Karena ikan lele punya kemampuan mengambil oksigen langsung dari udara, berkat labirin yang dimilikinya, akhirnya lele itu menggantung sambil mengambil udara langsung untuk bernafas. Solusinya adalah mengurangi kepadatan benih lele, atau sebagian orang memasang air pump (gelembung udara) yang dipasok langsung kedasar kolam.

      Hapus
  9. mau tanya nih kenapa lele saya kok sering bergerombol di permukaan padahal airnya sudah saya ganti, mohon petunjuk bosss..thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan besar sedang sakit Pak. Segera ambil tindakan pencegahan penyebaran penyakit, jika memang penyebabnya adalah wabah.

      Hapus
  10. kalo lele saya kok di permukaan miring ya pak,,tidak tegak..saat teman2nya makan cm diem saja...tp kalo mau disentuk gerakanya masih lincah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan kekenyangan Pak. Sepertinya tidak masalah, jika memang lincah. Namun untuk memastikannya, ambil ikan tersebut dan lihat seluruh tubuhnya apakah ada tanda sakit atau mulus-mulus saja. Jika mulus dan warna normal, artinya memang sehat.

      Hapus
  11. bagaimana jika kondisi ikan banyak yg menggantung tp kolam yang digunakan adalah kolan tanah dengan jaring kantong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, jaring kantong itu bagaimana ya maksudnya? Jika kolam tanah, pengobatan yang efektif adalah melalui pakan.

      Hapus
  12. Sore mas, barangkali tahu alamat pengepul lele di wilayah waru, Sidoarjo? Saya ada lele siap panen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba hubungi Mas Ainul Yaqin, 0819 31000230

      Hapus
  13. apa solusi agar lele tidak menggantung dipermukaan air lagi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaga kualitas air. Bisa jadi banyak pakan ikan yang tidak termakan di dasar kolam. Itu salah satunya.

      Hapus
  14. met pagi......mau tanya mas,makanan untuk bibit lele ukuran 4 cm apa yach????soalnya satu minggu ini saya kasih makan pelet sudah banyak yang mati,mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berikan sesuai bukaan mulut, antara FF-999 atau PF-1000 atau pelet ukuran 781-1/LP-1

      Hapus
  15. minta infonya mas...saya terbak lele dumbo ukuran belo...gejalanya ikan lele saya mengapung miring pas di sentuh masih licah tapi itu terjadi hanya pada lele yg pertumbuhannya kurang aja (masih kecil) kalo makan kurang terus warna lele saya warnanya jadi pada putih yah mas pas di sorot senter,knpa? mohon infonya mas...makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami kira itu tanda lele yang terlalu kenyang sehabis diberi makan dalam porsi yang sedikit berlebihan. Cirinya biasanya perut yang agak gendut, sulit berenang, bahkan bisa miring taupun terbalik.

      Hapus
  16. 2 hari yg lalu sy tebar bibit ukuran 3, besoknya banyak yg mati dan menggantung dipermukaan, kalau sy sentuh langsung lari. kenapa itu gan? yg menggantung jumlahnya 1/2 dari total

    BalasHapus
    Balasan
    1. bibit lele tersebut sedang sakit. lakukan tindakan penyelematan dari yang bisa diselamatkan.

      Hapus
  17. Lele saya ada beberapa ekor yang menggantung dan ketika disentuh kembali aktif, tapi tidak mati keesokan harinya, itu karena sakit apa kekenyangan ya?
    Saya menggunakan pompa aerator dan submersible juga untuk menambah oksigen, airnya coklat keruh tapi tidak berbau sama sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. siaga Mas Adi. Biasanya itu tanda-tanda awal serangan insang. Dan yang terkena pada awalnya hanya beberapa ekor saja.

      Hapus
    2. cara ngatasinya gimana mas..? kalau sudah kena serangan insang??

      Hapus
  18. Numpang tanya juga nih gan,kolam saya ukuran 2x4 dengan kedalaman air 50cm saya isi benih lele ukuran 6-7 cm sebanyak 1000 ekor.Yang jadi pertanyaan saya kalau malam pada mengambang di atas air dengan posisi miring seluruh badan padahal kalau siang terlihat sehat-sehat saja,itu kenapa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sori, Mbak Lia, baru buka. Sebelum menjawab, saya tanya dulu, yang dimaksud Mbak Lia, posisi badan miring itu apakah menggantung atau tengkurap? Kalo miring tengkurap berarti kekenyangan.

      Hapus
  19. missi om numpang belajar ...
    saya baru isi kolam terpal ukuran 5 x 2 x 0,6 m dengan bibit lele sbanyak 1.500 ekor
    air kolamnya berubah hijau tp au ... adakah solusi agar hilang baunya om
    trma ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru ditebar koq sudah langsung bau ya?!

      Hapus
  20. Bau-nya bagaimana ya? Soalnya jika baru ditebar, tidak langsung bau, kecuali pakan overdosis.

    BalasHapus
  21. kalau benih ikan pada mengapung ke permukaan dengan miring atau lurus ,terus perut membesar itu knapa. ..??
    solusinya gmna pak. . ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyakit itu Pak Aries. Bisa juga akibat pakan yang banyak. Sulit menyimpulkan jika tidak melihat langsung.

      Hapus
    2. perut membesar dan warnanya merah mas??

      Hapus
    3. penyebabnya apa mas?? n gimana cara mengatasinya?? salam kenal mas..:)

      Hapus
    4. penyebabnya apa mas?? n gimana cara mengatasinya?? salam kenal mas..:)

      Hapus
    5. Jika sudah kembung besar dan ada bercak-bercak merah, nah itu positif penyakit. Bisa karena virus atau bakteri. Namun daripada mencari sumber penyebab, baiknya segera ditangani dengan antibiotik alami.

      Hapus
    6. Dan jangan lupa kebersihan dasar kolam Mas Zainul, karena kotoran di bawah ini bisa jadi salah satu penyebabnya.

      Hapus
  22. mlm gan, langsung aja mo nimba ilmu ni. sya pemula main lele. lg pusing ni dr awal lele sya normal sekrg byk yg menggantung dan nafsu makan menurun kira2 knpa dan gmn mengatasix kembali normal. mohon bimbinganx! trims

    BalasHapus
  23. mlm gan, langsung aja mo nimba ilmu ni. sya pemula main lele. lg pusing ni dr awal lele sya normal sekrg byk yg menggantung dan nafsu makan menurun kira2 knpa dan gmn mengatasix kembali normal. mohon bimbinganx! trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lihat kondisi air dan dasar kolam. Mungkin sudah banyak tunpukan kotoran ikan dan sisa pakan yang tidak habis,

      Hapus
  24. lele saya sudah 2 minggu gan darri hari tebar, tapi selalu ada yang kembung tapi ga disertai lebam darah didalamnya, ada juga yang menggantung tapi gak kembung malah badanya kecil kepalanya menyusut menkerut.....air bagus (bening)kedalaman 40cm, panjang 6M lebar 2,5M kepadatan 2000ekor

    BalasHapus
    Balasan
    1. airnya yang jadi sumber masalah Gan

      Hapus
    2. Cari ditoko jualan pelet ikan obat anti kembung, harganya sekitar 20rb. Ahamdulillah sy pakai obat itu ikan jauh berkurang kematiannya.

      Hapus
  25. halo,
    saya tebar lele 1500 ekor di kolam semen. 2 minggu pertama tidak ada yg mati tapi setelah itu banyak yg mati. kebanyakan lele yg kecil/kurus berdiri di permukaan, badannya berwarna putih pucat dan kadang perutnya brwarna kuning. kebanyakan matinya setelah malam hari dengan air kolam mengeluarkan buih. kira2 penyebabnya apa ya pak? dan penanggulangan dan pengobatannya? terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  26. Assl,gan saya pemula lele kolam terpal,baru satu hati tebar 1000 ekor ko bsok nya banyak yang mati, ad yamg menggantung badan setengahnya berwarna putih.apa solusinya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi bibit yang dibeli sudah dalam kondisi tidak sehat pada waktu transaksi.

      Hapus
  27. siang mas,
    saya mau tanya nih kenapa ya larva ikan lele saya itu pada ngumpul di permukaan, bergerombol, kyak nyerang temannya gtu, itu karena apa ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya apakah yang ngumpul di permukaan itu diserang oleh ikan sehat ?

      Hapus
  28. Halo,
    Mohon bantuan infonya pak...
    Bagaimana cara mengatasi bibit lele yang perutnya kembung dan berputar2..
    Awalnya bibit setelah ditebar sehat-sehat sja, tpi stlah 2 hari lele mulai berputar2 dan perutnya kembung2,, pada hari ke 3 lele bnyak yg mati di dasar kolam,, sama sperti hari ke 4 dan ke 5.. lele yang buncit dan berputar2 terus bertambah dan mati...
    Bagaimana cara mengatasinya dan jika perlu obat, jeni dan nama obat apa yg harus sya pilih,,!?
    Terimakasih, mohon balasannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yang berputar2 itu ada serangan semacam cacing. Sedangkan Perut Kembung juga ada serangan dari bakteri. Dua penyakit yang berbeda.

      Hapus
    2. Cari ditoko jualan pelet ikan obat anti kembung, harganya sekitar 20rb. Ahamdulillah sy pakai obat itu ikan jauh berkurang kematiannya.

      Hapus
    3. Syukurlah jika masalah Mas Wildan sudah teratasi.

      Hapus
  29. Halo,
    Mohon bantuan infonya pak...
    Bagaimana cara mengatasi bibit lele yang perutnya kembung dan berputar2..
    Awalnya bibit setelah ditebar sehat-sehat sja, tpi stlah 2 hari lele mulai berputar2 dan perutnya kembung2,, pada hari ke 3 lele bnyak yg mati di dasar kolam,, sama sperti hari ke 4 dan ke 5.. lele yang buncit dan berputar2 terus bertambah dan mati...
    Bagaimana cara mengatasinya dan jika perlu obat, jeni dan nama obat apa yg harus sya pilih,,!?
    Terimakasih, mohon balasannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atasi bukan dengan obat namun menjaga kualitas air kolam.

      Hapus
  30. Halo gan.. Mau tanya lele saya sudah besar2 dan siap panen. Tetapi kok belakangan ini permukaan kolam ada lendir nya dan berbuih.. Selain itu lele juga ga nafsu makan.. Tambahan ane pake media kolam terpal.. Terima kasih gan. Mohon dijawab..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warna air bagaimana? Bisa jadi kondisi air sudah kritis.

      Hapus
  31. salam kenal gan, saya adi dari gresik..saya mau tanya,apakah air PDAM bagus untuk pengairan kolam secara langsung,karena saya tdk punya tempat penampungan air..dan apakah probiotik yg saya berikan lewat air mati karena kaporit air PDAM?....mohon jawabannya trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadar PH air PDAM masih belum normal. Jadi perlu dikondisikan terlebih dahulu. Pengkondisian bisa di kolam ikan yang direncanakan untuk ternak, namun bibit lele musti ditunda penebarannya.

      Hapus
  32. salam kenal gan, saya adi dari gresik..saya mau tanya,apakah air PDAM bagus untuk pengairan kolam secara langsung,karena saya tdk punya tempat penampungan air..dan apakah probiotik yg saya berikan lewat air mati karena kaporit air PDAM?....mohon jawabannya trima kasih

    BalasHapus
  33. oh iya lupa 1 lagi hehehe, gimana solusinya? saya biasanya pakai garam, apkah salah? trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Garam tidak diperlukan untuk air PAM.

      Hapus
  34. Ass...wr...wb...
    Mau tanya nih, gmn solusina' untuk mengurai/ mendegradasi kotoran lele yang ada di dasar tanpa harus melakukan pengurasan kolam..??! Biar lele tidak mengambang lagi di permukaan...trim's.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang ini, masternya adalah Abah Nasrudin dari Gadog Bogor. Detail bisa dibaca dari buku karangan beliau dan tersedia di Gramedia.

      Hapus
    2. Bisa pakai EM4 Atau nictorbacter

      Hapus
  35. Maaf mau tanya, bagaimana cara pengayakan yang benar dan waktu" yang tepat untuk mengayak?
    Dulu saya ayak jarak 1 bulan penaburan ukuran 34, jarak 2 minggu banyak ikan yang mati, apa gara" airnya yg ada penyakitnya?
    Bagaimana cara mengetahui/membuat air yg bagus untuk kolam?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sortir sebenarnya adalah dilema bagi pembudidaya. Solusinya adalah membeli bibit ukuran besar. Tidak perlu repot dan tidak beresiko bagi ikan.

      Hapus
  36. mas mau nanya,,kox aa gelembung udara di permukaan kolam yaa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kolam Bapak Pande apakah kolam tanah?

      Hapus
  37. mau nanya pak gmana cara pengkondisian kolam agar kualitas airnya baik tanpa menguras kolam,,,apa ada cara herbalnya tanpa menggunakan obat pasaran...trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanpa kuras kolam, tentunya tergantung juga dari kepadatan yang tidak berlebihan.

      Hapus
  38. mau nanya kalo mau beli bibit lele unggul gmana sya posisi di lhokseumawe

    BalasHapus
  39. Mau nanyak pak, kalok bibit lele yg menggantung berdiri tegak adajuga yg tengkurep solusinya gimana iya, dan disaat saya mengganti air kolam setelah 2 hari pasti ada yg mati mengapung, apakah harus dicampur air hijau atau gimana iya, saya menggunakan air sumur mohon solusinya..

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. Salam mas admin..
    Ingin tanya, sya memakai kolam terpal diameter 3 + aerasi. sdah 1 blan Ada lele yg berputar2 dan menggantung diatas sekitar 15 ekor (setiap hari ad yg mati 1-2 ekor) tpi ketika diberi pakan mau makan dan ikut rebutan makan. Kira2 kenapa ya mas ikan tersebut? Trims

    BalasHapus
  42. Mau tanya dong saya melihara bibit lele di kolam tanah terus baru seminggu ini bibitnya itu ada beberapa yg menggantung nah saya mau mengganti air kolamnya itu gimana ya soalnya kan kalo bibitnya itu menggantung bisa jadi karena faktor air yg buruk jadi saya mau mengganti air kolam tanah saya itu mah cara yg terbaik gimana mas mohon dibantu saya masih pemula

    BalasHapus
  43. Mau tanya dong saya melihara bibit lele di kolam tanah terus baru seminggu ini bibitnya itu ada beberapa yg menggantung nah saya mau mengganti air kolamnya itu gimana ya soalnya kan kalo bibitnya itu menggantung bisa jadi karena faktor air yg buruk jadi saya mau mengganti air kolam tanah saya itu mah cara yg terbaik gimana mas mohon dibantu saya masih pemula

    BalasHapus
  44. Maaf mau tanya,klo sy menggunakan air pdam tp sy rendam dulu selama 1 minggu apakah airnya sdh bisa dipake buat ternaknlele?

    BalasHapus
  45. Maaf mau tanya,klo sy menggunakan air pdam tp sy rendam dulu selama 1 minggu apakah airnya sdh bisa dipake buat ternaknlele?

    BalasHapus
  46. Bibit Lele suka kumpul dipojok kolam namun aktif berenang di dinding apakah lele tersebut sakit ?

    BalasHapus
  47. kayaknya susah banget melihara ikan kumis ni. g sperti yang di tulis di internet. butuh pengalaman yang lebih dan kesabaran yang extra.

    BalasHapus
  48. salam kenal gan.
    kolam lele saya merupakan kolam tanah dengan penebaran bibit sebanyak 10ribu ekor.
    pertanyaan saya:
    1. pernah kejadian dipermukaan kolam airnya begelembung itu terjadi waktu siang saja. apa penyebabnya dan solusinya?
    2. usia ikan saya sudah masuk 45 hari. setelah saya berikan makan pada malam hari banyak yang bergantung dipermukaan dalam kondisi miring tapi kalau terkena cahaya lampu lincah lagi dan kembali ke permukaan seperti semula tapi beaok pagi kembali normal kemudian bergantungan lg pada waktu sorenya. apa penyebab dan solusinya. mohon petunjuknya.

    BalasHapus
  49. Selamat pagi,salam kenal
    Saya mau tanya,saya mempunyai kolam terpal ukuran 1x 3,5 meter.benih ukuran 3/4 cm sudah berumur 10 hari sampai hari ini.apa penyebab rata2 semua ikan menggantung dan nafsu makan berkurang, mohon penjelasanya Tetima kasih...

    BalasHapus
  50. Jika lele naik di atas eceng gondok itu menandakan apa pak?padahal air kolam sudah saya ganti

    BalasHapus